Pemulihan Batang Agam, Bapedalda Bentuk Bank Sampah

Kamis, 17 Maret 2016, 16:23 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Pemulihan Batang Agam, Bapedalda Bentuk Bank Sampah
Kabid Pengawasan Dampak Lingkungan Bapedalda Provinsi Sumbar, Siti Aisyah. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kualitas sungai Batang Agam kian menurun. Hal itu disebabkan banyaknya tumpukan sampah yang berasal dari limbah rumah tangga, rumah sakit dan limbah industri.

Kabid Pengawasan Dampak Lingkungan Bapedalda Provinsi Sumbar, Siti Aisyah mengatakan, pemulihan Batang Agam perlu disegerakan. Beberapa langkah strategis pemulihan sudah disusun.

"Pada 2016 ini pemulihan difokuskan pada kegiatan pengelolaan sampah domestik disempadan Sungai Batang Agam, yang berlokasi di Kelurahan ATTS dan Puhun Tembok. Kegiatan pengelolaan sampah domestik dilakukan dengan membentuk satu klaster bank sampah untuk sampah ekonomis dan penggunaan solar biodigester untuk sampah organik," ujar Siti Aisyah seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemprov Sumbar, Kamis (17/3/2016).

Untuk merealisasikan hal tersebut, kata Siti Aisyah, Bapedalda Sumbar sudah melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat di Kota Bukittinggi. Pertemuan dilakukan di Kantor Kelurahan Puhun Tembok dan Kelurahan Aur Tajungkang Tangah Sawah, yang dihadiri oleh Lurah, pemuka masyarakat, kader posyandu, Ketua RT/RW, kader lingkungan dan tokoh pemuda setempat.

"Pertemuan tersebut untuk menyusun struktur kepengurusan Bank Sampah. Pengelolaannya akan diserahkan kepada RT/RW setempat," ujarnya.

Bapedalda juga menganggarkan 35 unit solar biodigester akan disediakan sebanyak 35 unit. Sedangkan sebanyak 15 unit lagi diharapkan dari dana alokasi khusus dan bantuan CSR perusahaan.

Dalam kegiatan ini, klaster akan didampingi oleh LSM selama 3 bulan. Selanjutnya diharapkan klaster sudah bisa melakukan kegiatan secara mandiri. (lok)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: