Cegah Longsor, Program Agam Menyemai Digalakkan

Selasa, 02 Februari 2016, 15:03 WIB | Wisata | Kab. Agam
Cegah Longsor, Program Agam Menyemai Digalakkan
BPBD bersama Dinas PU Agam, melakukan pembersihan material longsor di Nagari Sitalang, kec IV Nagari, yang terjadi Sabtu (30/1/2016) lalu. (humas bpbd)

VALORAnews - Longsor yang menyebabkan satu unit rumah ditertimbun dan ada satu warga terluka, Sabtu (30/1/2016) lalu diduga karena adanya penggundulan hutan. Hal itu diungkap Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Agam, Isman Imran saat meninjau lokasi longsor, Selasa (2/2/2016).

"Kita upayakan ke depan akan melakukan rehabilitasi, hutan-hutan yang sudah lama gundul akan dilakukan penghijauan sesuai dengan moto Agam yaitu Agam Menyemai. Dengan program Agam menyemai ini akan menggalakan kepada masyarakat untuk kembali menanam pohon yang bisa menahan debit air," kata Isman.

Menurut Isman, program Agam menyemai sangat membantu untuk kondisi saat ini, kalau masyarakat rajin menanam pohon, di sekitar rumah dan lereng perbukitan tempat merekan tinggal, Insyallah banjir yang selama ini terus melanda bisa teratasi. Tidak itu saja, udara yang di hasilkan oleh pohon-pohon rindang tersebut lebih terasa sejuk dan jauh dari kegersangan.

Untuk itu, pihaknya akan terus menyuarakan atau memberitahu kepada masyarakat, untuk menjaga hutan, karena banyak manfaat yang bisa diambil dari menjaga hutan tersebut. (ham/rel)

Baca juga: Akses Jalan Sungai Jariang Kembali Lancar

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: