Hari Santri Nasional ke10, Cucun: Pendidikan Akhlak Ruh Pendidikan Islam

Rabu, 23 Oktober 2024, 06:45 WIB | News | Nasional
Hari Santri Nasional ke10, Cucun: Pendidikan Akhlak Ruh Pendidikan Islam
Wakil Ketua DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Ponpes Al-Ittifaq di Ciwidey tidak hanya fokus pada pendidikan agama saja, tapi juga ke pendidikan pertanian untuk para santrinya.

Hasil pertanian yang dilakukan oleh para santri dan pengurus Ponpes Al-Ittifaq dijual ke pasar tradisional, supermarket maupun rumah sakit. Bahkan ada yang disalurkan ke restoran-restoran.

Total ada 120 komoditas pertanian yang dihasilkan Ponpes Al-Ittifaq seperti wortel, tomat, kentang, sayur kale, pakcoy, dan lain sebagainya.

Cucun mengatakan terobosan pola pendidikan seperti ini perlu dikembangkan ke pesantren-pesantren yang ada di Indonesia.

"Jadi pesantren tidak cuma memberikan pendidikan konvensional, tapi juga memberdayakan keunggulan yang dimilikinya sehingga menghasilkan manfaat bagi para santrinya dan masyarakat," ucapnya.

Tak hanya Ponpes Al-Ittifaq, Cucun juga mengapresiasi beberapa ponpes lain yang telah mengembangkan pendidikan vokasi.

Di antaranya adalah Ponpes Darussa'adah di kawasan Gunung Manik, Pacet, Kabupaten Bandung, yang memiliki konsep vokasi integrity farming lewat pertanian dan peternakan.

Kemudian ada juga pesantren digital yakni Ponpes Bina Insan Mulia di Cirebon yang memiliki pendidikan kejuruan di bidang broadcasting (pertelevisian), Teknologi Informatika, hingga keperawatan.

Ponpes Bina Insan Mulia bahkan memiliki Media Center Pesantren untuk mengenalkan pesantrennya secara lebih luas ke khalayak dan mempermudah komunikasi dengan wali santri.

"Kita juga bisa maksimalkan program Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Pesantren yang memiliki pendidikan vokasi dalam menyiapkan SDM anak bangsa ke depan."

"BLKK bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di kalangan pondok pesantren, sekaligus memajukan ekonomi umat," terang Cucun.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024