Profil Anggota DPRD Sumbar 2024-2029, Dari 5 Periode Nonstop, Istri Kepala Daerah, Eks Bupati hingga Kisah Sukses jadi Kepala Daerah

Rabu, 28 Agustus 2024, 20:18 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Profil Anggota DPRD Sumbar 2024-2029, Dari 5 Periode Nonstop, Istri Kepala Daerah, Eks...
Ketua DPRD Sumbar periode 2019-2024, Supardi menyerahkan palu sidang pada Ketua Sementara DPRD Sumbar, Irsyad Safar pada rapat paripurna istimewa, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Kemudian, Zaksai Kasni dari Partai Golkar (istri mantan Bupati Dharmasraya, Adi Gunawan) dan Yesi Endriani dari Partai Demokrat (istri mantan Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias).

Rapat paripurna diawali dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya,' kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024.

Setelahnya, SK Kemendagri tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Sumbar periode 2024-2029.

Dalam prosesi pengambilan sumpah dan janji tersebut, 65 orang wakil rakyat itu berikrar untuk menjalankan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya, serta berkomitmen untuk bekerja demi kepentingan rakyat dan memajukan pembangunan di Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengungkapkan, selama masa jabatan Anggota DPRD Sumatera Barat Tahun 2019-2024, telah dilakukan sebanyak 3 kali Pergantian Antar Waktu (PAW).

PAW dilakukan terhadap sebanyak 11 orang anggota DPRD yang maju sebagai Calon Kepala dan Wakil Kepala Daerah pada Pilkada Tahun 2020.

Pergantian antar waktu kedua, dilaksankan untuk dua orang anggota DPRD yang meninggal dunia yaitu Syahrul Furqan dan Rinaldi.

Sedangkan PAW terakhir, dilaksanakan terhadap anggota yang pindah partai.

"Semua PAW tersebut telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," ungkap Supardi.

Dari 10 orang Anggota DPRD Sumbar yang melakukan PAW karena maju sebagai calon kepala dan wakil kepala daerah, 4 orang diantaranya berhasil jadi bupati dan 1 orang menjadi wakil bupati.

Yaitu, di Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Solok Selatan dan Wakil Bupati Pasaman.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: