PRODUKTIVITAS LAHAN, Rusma Yul Anwar: Penyuluh Harus Intens Dampingi Petani

Kamis, 16 November 2023, 20:46 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PRODUKTIVITAS LAHAN, Rusma Yul Anwar: Penyuluh Harus Intens Dampingi Petani
Bupati Rusma Yul Anwar saat panen jagung bersama di Kecamatan Ranah Pesisir, Pesisir Selatan, Kamis (16/11/2023). Foto: Dok Prokopim Setdakab Pessel
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PESISIR SELATAN (16/11/2023) - Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar menegaskan, penyuluh pertanian mesti instens mendampingi petani, upaya meningkatkan produktivitas lahan.

"Tidak hanya bibit, penanganan hama, panen dan pascapanen saja. Namun, yang penting diperhatikan dalam meningkatkan produktivitas, yakni pendampingan kepada petani," kata Rusma Yul Anwar saat panen jagung bersama di Kecamatan Ranah Pesisir, Pesisir Selatan, Kamis.

Dalam relis diterima Kamis (16/11/2023), Bupati Pessel ini menerangkan, dalam pelaksanaan, selain penyuluh, petani juga diminta pro aktif untuk berkomunikasi.

Sehingga, berbagai persoalan yang dihadapi, bisa diketahui, dan dicarikan solusinya.

"Tentu, masing-masing petani memiliki persoalan yang beragam, dan agar penyuluh tahu akan hal itu, maka jalinlah komunikasi dengan baik," ujarnya.

Kepada penyuluh, dia juga berpesan, agar menjalankan tugas dengan baik.

Apalagi, tambahnya lagi, tugas penyuluh merupakan pekerjaan yang mulia.

"Tugas penyuluh tidak sebatas rutinitas belaka, di dalamnya terdapat nilai-nilai kemanusiaan dan sosial," ujar Rusma Yul Anwar.

Sekretaris Dinas Pertanian Pessel, Agustina Rahmadani, menambahkan, luas tanam jagung di daerah setempat mencapai 17.324,91 hektare.

Dengan luas panen 16.723,7 hektare.

"Lokasi ini tersebar di 15 Kecamatan di Pessel. Areal tanam paling luas berada di Kecamatan Lunang dengan luas tanam mencapai 3.734,0 hektare. Sementara di Ranah Pesisir luas tanamnya adalah 1.317,3 hektare," jelasnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: