Capres Pemilu 2024 Ditantang Ikut Mujadalah Kyai Kampung, Ini Alasan Penggagasnya

Senin, 23 Oktober 2023, 13:30 WIB | News | Nasional
Capres Pemilu 2024 Ditantang Ikut Mujadalah Kyai Kampung, Ini Alasan Penggagasnya
Ketua Umum Gema Santri Nusa, Kyai Akhmad Khambali saat menghadiri peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 di Medan, Ahad. (istimewa)

Selain itu, kata Kyai Khambali, kyai kampung juga bisa memanfaatkan berbagai forum keagamaan untuk mengajak masyarakat mendukung dan ikut serta dalam pembangunan desa.

"Forum-forum keagamaan seperti istighosah, muhasabah atau pengajian, cukup efektif dijadikan forum sosialisasi berbagai kebijakan tentang desa," ujar Kyai Khambali yang juga Pengasuh Ponpes Wirausaha Ahlul Kirom.

Menurut Kyai Khambali, kyai kampung juga bisa berperan aktif dalam musyawarah desa khususnya dalam perumusan perumusan program program keummatan.

"Jadi, kyai kampung juga bisa mendorong beberapa kader kyai kampung/santri untuk jadi tenaga pendampingan apapun namanya, demi kemajuan kampung halamannya," terang dia.

Kyai kampung yang tentunya sudah banyak mengenal potensi desanya masing masing, kata Kyai Khambali yang juga Pemgurus Harian BPET MUI Pusat, juga bisa berperan aktif dalam pemberdayaan ekonomi desa melalui pembentukan Unit Usaha Desa.

Terakhir, para kyai kampung juga bisa membangun silaturrahim dan sinergi dengan elemen masyarakat lainnya untuk mengawasi penggunaan anggaran desa, agar sesuai dengan alokasinya.

"Kemudian, kyai kampung juga mampu memberi manfaat nyata bagi kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat," tegas Kyai Khambali.

Kyai Kampung sebagai garda terdepan dalam hal moral obligation, menurut Kyai Khambali, harus diajak bersinergi dengan pemerintah untuk membantu mendorong pembangunan desa-desa mandiri dan berkelanjutan, yang memiliki ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan.

"Dalam konteks kyai kampung berpartisipasi dalam pembangunan desa, mengandung tanggung jawab sosial yang besar. Karena, di warga kampung yang jumlahnya mencapai 120 juta orang mayoritas tinggal di pedesaan, dan secara sosial ekonomi masih sangat membutuhkan pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraannya," ujar Kyai Khambali. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: