Gerhana Bulan Sebagian Terjadi Tanggal 29 Oktober 2023, Ini Daerah yang Bisa Melihat

Minggu, 22 Oktober 2023, 08:45 WIB | News | Nasional
Gerhana Bulan Sebagian Terjadi Tanggal 29 Oktober 2023, Ini Daerah yang Bisa Melihat
Potret Gerhana Bulan Sebagian.

JAKARTA (22/10/2023) - Tanggal 29 Oktober 2023 akan jadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk menyaksikan fenomena alam gerhana bulan sebagian

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, durasi gerhana dari fase gerhana mulai hingga berakhir, sekitar 4 jam, 28 menit.

Sedangkan durasi parsialitas yaitu lama waktu dari fase gerhana sebagian mulai hingga gerhana sebagian berakhir, terjadi selama 1 jam, 18 menit.

"Papua, sebagian besar Papua Barat dan sebagian Maluku, akan mendapati gerhana bulan dari awal hingga bulan terbenam, saat fase gerhana bulan sebagian sedang berlangsung," ungkap BMKG dalam siaran pers, dikutip Ahad.

Baca juga: Ini Prakiraan Cuaca di 4 Objek Wisata Pantai Unggulan di Sumbar dari Sabtu Pagi hingga Sore

Pengamat yang berada di sebagian kecil Papua Barat, sebagian Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, NTT, NTB dan Bali, dapat mendapati gerhana bulan dari awal hingga bulan terbenam saat fase gerhana bulan penumbra sedang berlangsung.

Fase yang sama juga bisa ditemui di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan sebagian Jawa Barat.

Sementara itu, sebagian Kalimantan Barat, sebagian Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Aceh akan dapat mengamati gerhana bulan dari awal hingga gerhana berakhir. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: