Festival Pesona Danau Maninjau 2023 Ditabuh, Ini Rangkaian Kegiatan Hingga 3 September 2023

Sabtu, 02 September 2023, 17:45 WIB | Wisata | Kab. Agam
Festival Pesona Danau Maninjau 2023 Ditabuh, Ini Rangkaian Kegiatan Hingga 3 September...
Atraksi tambua tansa warnai pembukaan Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2023 di Linggai Park, Jumat. Event ini dibuka Sekda Agam, Edi Busti. (humas)

AGAM (2/9/2023) - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam bersama pemerintahan Nagari Duo Koto, gelar Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2023 di Linggai Park.

"Rangkaian event ini merupakan sinergitas dan kolaborasi kegiatan yang sangat baik. Kegiatan ini harus memiliki multiplayer effect baik secara mikro maupun makro, karena saat ini sedang terjadi banyak perputaran ekonomi di kawasan ini," ungkap Sekda Agam, Edi Busti saat membuka event itu, Jumat.

Festival ini diselenggarakan dalam bentuk rangkaian kegiatan Latte Art Challenge yaitu lomba menyajikan kopi yang berlangsung pada pembukaan. Even ini diikuti 6 peserta.

Kemudian, 2 September digelar lomba tari kreasi Minang se-Sumatera Barat yang diikuti 11 grup sanggar tari. Pada hari ketiga, 3 September, dilanjutkan dengan Tour De Linggai Park.

Baca juga: Koni Agam Gagas One Cabor One Event, Edi Busti: Geliatkan Olah Raga Sekaligus Pemulihan Ekonomi

Rangkaian festival ini akan ditutup dengan kegiatan FestDaMa K-44 yang diselenggarakan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah III Sumatera Barat bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam yang berlangsung tanggal 15-17 September 2023.

FestDaMa K-44 mengangkat tema "Merawat Alam dan Tradisi Salingka Danau Maninjau untuk Pemajuan Kebudayaan." Acara ini juga terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yaitu Pararakan Tambua Tansa Kelok 44, Penanaman Pohon, Pertunjukan Seni, Pemutaran Film, Seminar, Lomba Manjalo dan Pameran UMKM.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Syatria dalam laporannya mengatakan, tujuan dari diadakannya Festival Pesona Danau Maninjau ini, untuk mempromosikan potensi wisata Danau Maninjau dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Keindahan alam serta budaya Minangkabau yang tumbuh dan berkembang di Agam ini memiliki potensi yang melimpah dan layak untuk dinikmati wisatawan lokal maupun mancanegara. Acara ini menjadi salah satu usaha yang kita laksanakan setiap tahunnya," jelas Syatria.

Baca juga: Koni Agam Desak Provinsi Pastikan Pelaksanaan Porprov XVI Tahun 2025, Ini Alasannya

Hal itupun selaras dengan rencana pengembangan pariwisata yang dicanangkan Wali Nagari Duo Koto, Jendrial, bahwa dengan didorongnya pariwisata maka akan mendorong kemajuan perekonomian di nagarinya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: