43 Jurnalis Ikuti UKW Fasilitasi Dewan Pers di Gorontalo, Ini Harapan Mahmud Marhaba

Sabtu, 26 Agustus 2023, 16:15 WIB | News | Nasional
43 Jurnalis Ikuti UKW Fasilitasi Dewan Pers di Gorontalo, Ini Harapan Mahmud Marhaba
Penguji UPN Veteran, Mahmud Marhaba dan penguji lainnya, foto bersama usai pelaksanaan uji kompetensi wartawan (UKW) di Kota Gorontalo, Sabtu. Ujian ini digelar selama dua hari. (istimewa)

GORONTALO (26/8/2023) - Ketua Umum (Ketum) DPP Pro Jurnalismedia Siber (PJS), Mahmud Marhaba mengharapkan, pengurus daerah organisasi profesi yang mengkhususkan pada jurnalis media siber ini, harus memprogramkan uji kompetensi wartawan (UKW) sebagai bagian dari rencana kerja organisasi.

"Saya minta kedepan, setiap pengurus daerah PJS menjadikan UKW sebagai program kegiatan yang dilaksanakan secara mandiri. Pengurus Pusat siap mendukung penuh. Tujuannya, agar seluruh wartawan yang berhimpun di PJS, benar-benar jadi wartawan berkompeten sebagaimana visi organisasi," ungkap Marhaba di Menado, Sabtu.

Hal itu dikemukakan Marhaba di sela-sela kesibukannya sebagai salah seorang tim penguji UKW yang difasilitasi Dewan Pers, bertempat di salah satu hotel di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Sabtu.

UKW ini berlangsung tanggal 25-26 Agustus. Diikuti 43 peserta dengan komposisi 25 orang dari PWI Gorontalo dan 18 wartawan dari PJS yang melaksanakan ujian bersama Lembaga Uji UPN Yogyakarta.

Baca juga: Bupati Pelalawan Diusulkan jadi Penerima PJS Award 2024, Ini Kata Mahmud Marhaba

Peserta UKW dari PJS ini terdiri dari 7 orang dari anggota PJS Bolmut dan 11 orang dari PJS Gorontalo.

Disebutkan, visi PJS itu menekankan wartawan yang berintegritas, kompeten dan profesional dalam membuat berita.

"Setiap wartawan anggota PJS, wajib mewujudkan visi itu yaitu jadi wartawan yang berintegritas, kompeten dan profesional," tegas Mahmud.

Menurutnya, sebagai anggota organisasi profesi, tentunya wajib menjalankan apa yang menjadi visi organisasinya sehingga organisasi tersebut dapat berkembang sebagaimana yang menjadi cita-cita bersama.

Baca juga: DPP PJS Bahas Pelaksanaan HUT, Tiga Agenda Besar Dimatangkan

Untuk mewujudkan visi PJS, lanjut ahli pers Dewan Pers itu, pihaknya terus mendorong wartawan yang tergabung pada PJS, untuk meningkatkan kompetensi melalui mekanisme resmi yang dilaksanakan oleh Dewan Pers.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis PJS Gorontalo

Bagikan: