Yuk ke Malalak Timur, Nikmati Air Terjun Batang Marambuang dan Kisah Monumen Sangkur

Senin, 07 Agustus 2023, 08:00 WIB | Wisata | Kab. Agam
Yuk ke Malalak Timur, Nikmati Air Terjun Batang Marambuang dan Kisah Monumen Sangkur
Ketua TP PKK Agam, Yenni Andri Warman, Rahmad Fajri (Camat Malalak), Abdul Hanif (Wali Nagari Malalak Timur) dan rombongan, foto bersama dengan latar belakang Burai-burai Batang Marambuang, Ahad. (humas)

AGAM (6/8/2023) - Ketua TP PKK Agam, Yenni Andri Warman ajak pengurus dan kader mengikuti agenda hiking dan tadabur alam ke Objek Wisata Burai-Burai (air terjun-red) Batang Marambuang, Jorong Saskand, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Ahad.

Camat Malalak, Rahmad Fajri yang menyambut rombongan di Kantor Wali Nagari Malalak Timur menginformasikan, jalan kaki merupakan satu-satunya pilihan untuk bisa sampai ke lokasi Burai-Burai Batang Marambuang.

"Dari titik awal berjalan kaki hingga lokasi, membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan medan tidak terlalu berat. Di beberapa titik, kita juga mesti menyeberangi sungai kecil," ungkap Rahmad Fajri memberikan gambaran perjalanan ke rombongan.

Monumen Sangkur, hasil karya Pasukan Kopasus yang pernah latihan di hutan Malalak Timur.
Monumen Sangkur, hasil karya Pasukan Kopasus yang pernah latihan di hutan Malalak Timur.

Selain akan menikmati Burai-Burai Batang Marambuang ini, Rahmad Fajri juga menginformasikan Monumen Sangkur di dekat lokasi.

"Monumen Sangkur ini merupakan prasasti ekspedisi Bukit Barisan yang merupakan kenang-kenangan dari Kopassus. Dulunya, lokasi ini dibuka Tim Kopassus yang menggelar latihan di daerah ini," ujarnya.

Potensi

Sesampainya di lokasi, Yenni Andri Warman dan anggota rombongan, tampak puas. Rasa lelah dalam perjalanan seperti telah terbayarkan.

"Alhamdulillah, lelah selama perjalanan terobati dengan keindahan Burai-Burai Batang Marambuang, ditambah di sekitar lokasi juga terdapat Monumen Sangkur," ujarnya.

Dikatakan, jika potensi ini bisa dikelola dengan baik, oleh masyarakat atau pemerintahan nagari, maka akan banyak wisatawan yang akan berkunjung.

"Dengan banyaknya wisata yang datang, maka juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar," ujar Yenny dalam perjalanan yang juga ditemani Wali Nagari Malalak Timur, Abdul Hanif dan lainnya itu. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: