Jemaah Haji Banyak Lansia, Darul Siska: Klinik Kesehatan Kekurangan Dokter dan Tempat Tidur

Kamis, 22 Juni 2023, 06:07 WIB | News | Nasional
Jemaah Haji Banyak Lansia, Darul Siska: Klinik Kesehatan Kekurangan Dokter dan Tempat...
Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Darul Siska saat memimpin Timwas Haji DPR mengunjungi KKHI di Madinah, Arab Saudi, Rabu. (humas)

JAKARTA (21/6/2023) - Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Darul Siska menilai, Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah masih kekurangan tenaga dokter dan tempat tidur. Sementara, musim haji tahun 1444 H/2023 M ini, mayoritas jemaah haji adalah lanjut usia (Lansia).

"Akibat kekurangan ini, pelayanan terhadap jamaah haji Indonesia tidak maksimal. Dengan banyaknya Lansia, kekurangan ini jadi catatan bersama Timwas Haji agar ke depan ada perbaikan, khususnya di bidang kesehatan pada musim haji berikutnya," ungkap Darul Siska saat memimpin Timwas Haji DPR mengunjungi KKHI di Madinah, Arab Saudi, Rabu.

Menurut Darul Siska, kesehatan jadi sangat penting bagi jamaah Indonesia yang akan melaksanakan ibadah haji. Kalau tidak sehat, maka ibadahnya juga tidak bisa dilaksanakan dengan baik, apalagi untuk mencapai kekhusyukan saat sedang sakit, pasti akan sulit beribadah.

"Kami bersyukur hari ini tim pengawas Haji bisa bertemu dengan Dr Al-Farizi dan kawan-kawan yang menyatakan banyak keluhan-keluhan pada kami," ujar politisi Partai Golkar ini.

Baca juga: DWP Sumut Lepas Anggota Pergi Haji dengan Tradisi Tepung Tawar

Dia berharap, ke depannya jika semakin banyak jamaah haji Lansia, maka dibutuhkan banyak tenaga dokter yang memadai. Ia memberikan komparasi rasio dokter yang ada harus sesuai dengan berbagai penyakit yang dialami oleh jamaah.

"Tadi kami juga mendapatkan informasi jamaah haji yang dirawat di (klinik) ini sudah mencapai angka 400 orang dan ada 12 orang yang sedang dirawat di rumah sakit. Selain itu di sini ada tiga pasien yang nantinya akan dibawa ke Arofah," terang Darul.

Selain itu, Legislator Dapil Sumbar I itu mengungkapkan, sesuai rekomendasi dari Komisi VIII DPR RI, agar pemanfaatan dari klinik ini dapat ditingkatkan supaya tidak mubazir.

Karena, menurutnya, aset ini disewa sepanjang tahun, tetapi penggunaanya hanya untuk musim haji saja.

Baca juga: Menko PMK Serahkan Beras CPP di Medan Belawan

"Saya yang berasal dari Komisi IX DPR, tentu akan membicarakan dengan Menkes supaya ada good will dan political will dari pemerintah."

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: