Peringatan Perang Mangopoh ke-115 Tahun, Ini Pesan Andri Warman

Jumat, 16 Juni 2023, 05:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Peringatan Perang Mangopoh ke-115 Tahun, Ini Pesan Andri Warman
Bupati Agam, Andri Warman jadi inspektur upacara peringatan Perang Manggopoh ke 115, di Taman Makan Pahlawan (TMP) Manggopoh, Kamis. (humas)

AGAM (15/6/2023) - Bupati Agam, Andri Warman meengaskan, meski waktu berjalan semakin jauh meninggalkan masa periode perjuangan, sedikitpun kita tidak boleh melupakan sejarah.

"Kini kita hidup dalam kemerdekaan sebagai buah pengorbanan para pejuang kita dulu," ujar Andri Warman saat menjadi inspektur upacara peringatan Perang Manggopoh ke 115, di Taman Makan Pahlawan (TMP) Manggopoh, Kamis.

Dia mengatakan, rentang waktu 115 tahun daerah ini semakin jauh dari peristiwa Perang Manggopoh. Perang Manggopoh ini juga memberikan pelajaran, bagaimana merajut kebersamaan tanpa memandang latar belakang dan perbedaan.

"Peristiwa ini rujukan dalam menjalin kebersamaan dan kesatuan segenap lapisan masyarakat," sebut bupati akrab disapa AWR itu.

Baca juga: 248 Praja Muda IPDN Baso Akhiri Masa Magang di Pemkab Agam, Ini Pesan Bupati

Para pahlawan Perang Manggopoh ini bersatu memperjuangkan satu cita-cita yaitu, harga diri bangsa.

Dengan begitu, esensi Perang Manggopoh harus terus dipelihara dan diwariskan dari generasi ke generasi, salah satunya adalah memperingatinya setiap tahun.

"Peringatan Perang Manggopoh jadikan sebagai titik balik untuk mengukur sejauh mana kita memaknai nilai dan semangat para pejuang tersebut," katanya.

Ia mengajak semua elemen yang ada di kabupaten Agam, untuk menjadikan Perang Manggopoh sebagai modal dan motivasi dalam menata kehidupan lebih baik.

Baca juga: Bupati Agam Ajak ASN dan Warga Rutinkan Olahraga

Sejalan dengan peringatan Perang Manggopoh, juga dilaksanakan upacara peringatan Perang Kamang ke 115 di Kecamatan Kamang Magek.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: