Riau Terima 1 Unit Helikopter Patroli dari BNPB, BPBD Riau: Total 6 Helikopter Dimiliki

Selasa, 30 Mei 2023, 12:56 WIB | News | Nasional
Riau Terima 1 Unit Helikopter Patroli dari BNPB, BPBD Riau: Total 6 Helikopter Dimiliki
Helikopter patroli bantuan BNPB untuk Pemprov Riau di tahun 2023 ini. (humas)

PEKANBARU (30/5/2023) - Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal menyebut, Pemprov Riau mendapatkan bantuan 1 unit helikopter patroli dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di tahun 2023 ini.

"Helikopter patroli ini akan digunakan untuk pemantauan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kabupaten kota se-Provinsi Riau," ungkap Edy di Pekanbaru, Selasa.

Dengan adanya penambahan satu unit helikopter patroli tersebut, kata Edy Afrizal, maka total ada tiga unit helikopter patroli Karhutla yang standby di Provinsi Riau.

Dimana, satu dari tiga helikopter itu merupakan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Baca juga: BUPATI PESSEL Kunjungi BNPB Upaya Perbaikan Infrastruktur Pasca Bencana

"Kalau helikopter water bombing juga ada tiga unit, semua bantuan dari BNPB. Dari tiga unit, satu unit helikopter water bombing dalam perbaikan," terangnya.

Edy Afrizal mengatakan, dengan adanya tiga helikopter water bombing dan tiga unit helikopter patroli bantuan BNPB dan KLHK, maka akan mempermudah satuan tugas (Satgas) Udara Karhutla Riau melakukan pemantauan maupun pemadaman kebakaran lahan di wilayah Riau.

"Kita juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui BNPB dan KLHK yang memberikan dukungan penuh terhadap pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran di Riau," tukasnya. (rif)

Baca juga: BNPB akan Pasang EWS Terintegrasi di Gunung Marapi, Ini Manfaatnya

CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: