Tsunami Setinggi 11 Cm Landa Pulau Tanah Bala Pasca Gempa Nias Selatan

Selasa, 25 April 2023, 07:27 WIB | News | Nasional

JAKARTA (25/4/2023) - Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengungkapkan, permukaan air laut naik sekitar 11 cm pasca gempa, Selasa dinihari.

"Berdasarkan hasil pengamatan tinggi muka laut, tercatat ketinggian tsunami di lokasi TG Tanah Bala pada pukul 03:17 WIB dengan ketinggian tsunami 11 cm," ungkap Daryono, beberapa saat lalu.

Awalnya, BMKG merilis magnitudo gempa tektonik yang terjadi pukul 03.00 WIB ini, sebesar 7.3 SR yang kemudian parameternya diupdate jadi 6.9 SR.

Dikatakan, daerah yang berpotensi terdampak tsunami dengan status Waspada adalah di daerah Nias Selatan, Pulau Tanabala, Sumatera Utara.

Baca juga: Kapolres Pasaman Barat Tinjau Pemukiman Warga di Pantai Sikabau Pasca Gempa 7,3 SR

Protap BMKG, pemerintah provinsi atau kabupaten/Klkota yang berada pada status "WASPADA" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Hasil analisis BMKG, kata Daryono, episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,94 LS ; 98,38 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 177 Km barat laut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada kedalaman 23 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault)," ungkap Daryono.

Baca juga: Begini Kondisi 7 Daerah di Sumbar yang Ikut Rasakan Gempa 7.3 SR Nias Selatan

Dampak Gempabumi

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: