Jelang Pemilu 2024, Gubernur Riau Prihatin dengan Kemampuan Keuangan Kabupaten Meranti

Kamis, 13 April 2023, 19:54 WIB | News | Nasional
Jelang Pemilu 2024, Gubernur Riau Prihatin dengan Kemampuan Keuangan Kabupaten Meranti
Gubernur Riau, Syamsuar memberikan arahan pada rapat rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2024 tingkta Provinsi Riau di Pekanbaru, Kamis. (humas)

PEKANBARU (13/4/2023) - Gubernur Riau, Syamsuar menilai, keberhasilan Pemilu, salah satu tolak ukurnya adalah, jumlah pemilih yang hadir ke TPS menggunakan hak pilihnya.

"Saat ini, tercatat DPS di Provinsi Riau mencapai 4.738.390. Dengan jumlah ini, harus terus dilakukan sosialisasi, agar masyarakat kita menggunakan hak pilihnya sesuai dengan yang diamanahkan oleh undang-undang yang berlaku," jelas Syamsuar saat menghadiri rapat rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2024 tingkta Provinsi Riau di Pekanbaru, Kamis.

Dia meminta KPU Riau, untuk gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat menggunakan hak pilihnya.

Dia juga berharap, pemilih yang hadir ke TPS dapat meningkat dari tahun 2019 dengan total pemilih yang hadir saat itu sebanyak 84 persen.

Baca juga: RAKER EVALUASI PEMILU, Medo Patria: Ini Penting untuk Pelaksanaan Pilkada

Menteri Dalam Negeri, terang Syamsuar, telah mengimbau para kepala daerah agar menyisihkan dana APBD untuk keperluan persiapan anggaran Pemilu.

"Karena APBD tiap wilayah ini kan beda-beda, ada yang besar dan ada yang kecil, maka hal tersebut harus kita persiapkan," terangnya.

Terlebih, Syamsuar jelaskan, dirinya mendapat laporan dari Plt Bupati Meranti terkait keuangan daerah tersebut.

"Plt Bupati Meranti baru menghadap saya, dan dia lapor kondisi yang ada disana, kondisi di sana mulai dari sekarang memang harus dipersiapkan, dan hari Jumat saya ada kunjungan kerja di Meranti dan nanti juga akan mendiskusikan terkait persiapan keuangan Pemilu," tuturnya.

Baca juga: PEMILU 2024, Bawaslu Pessel: Ada Satu Gugatan PHPU di TPS Bayang

"Begitu juga saya ingatkan dengan daerah lain, saya akan sampaiakan kepada para Bupati, agar instruksi Mendagri terhadap dana Pilkada ini tidak diabaikan," tandasnya. (adv)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: