Risnawanto Lakukan Panen Perdana Padi dengan ADD Nagari Parit

Sabtu, 18 Maret 2023, 21:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Risnawanto Lakukan Panen Perdana Padi dengan ADD Nagari Parit
Wabup Pasaman Barat, Risnawanto lakukan panen perdana Padi Sawah dengan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2022 Nagari Parit, Kecamatan Koto Balingka, Sabtu. (robbi irwan)

Di Koto Balingka sendiri luas area pertanian mencapai 220 ha. Ia meminta kepada petani untuk ikut asuransi, sehingga gagal panen pun masih bisa mendapatkan hasil.

"Seperti hasil panen, jika saat ini di Nagari Parit 4,2 ton hasil panen satu ha, sementara di daerah lain sudah bisa 6 ton per ha."

"Makanya kita harus cari apa kelemahan. Apakah soal hama tikus, atau hama wereng dan kendala lainnya, sehingga hasil panen meningkat," ujar Risnawanto.

Baca juga: 26 Kelompok Tani Pasbar Ikuti Lomba Cerdas Cermat Klopen Capir, Ini Kata Wabup

Sementara itu, Wali Nagari Parit, Arif Budiman menjelaskan jika sebesar 20 persen dari ADD digunakan untuk ketahanan pangan. Apakah ketahanan pangan hewani maupun pangan nabati.

"Binaan kita ada 10 ha area pertanian yang dilakukan oleh kelompok tani Koto Laweh Karya dengan anggota tani 40 orang. Ada juga kelompok wanita tani cempaka," jelasnya.

Turut hadir pada Panen Raya tersebut Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pasaman Barat, Doddy San Ismail, Kepala Dinas Perikanan, Zulfi Agus, camat dan wali nagari setempat, penyuluh pertanian dan stakeholder terkait lainnya. (pl1)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: