Wagub Riau Jelaskan Makna Pertemuan dengan Ramadhan di GSSB Riau ke-112

Sabtu, 18 Maret 2023, 13:55 WIB | News | Nasional
Wagub Riau Jelaskan Makna Pertemuan dengan Ramadhan di GSSB Riau ke-112
Kegiatan Gerakan Sholat Subuh Berjama'ah (GSSB) Provinsi Riau, pada Sabtu (18/03/2023) di Masjid Al Muhsinin, Jalan Ramin, Tangkerang Utara, Pekanbaru, Riau. (humas)

PEKANBARU (18/3/2023) - Wakil Gubernur Riau, Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution mengatakan, dalam beberapa hari lagi, umat muslim yang ada di seluruh dunia akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Dengan begitu, dirinya pastikan sudah banyak orang-orang yang meminta kepada Allah agar diberikan keberkahan umur supaya bertemu dengan bulan puasa.

"Ramadhan ini sangat ditunggu-tunggu oleh jutaan umat seluruh dunia. Bahkan, berapa banyak orang yang meminta dipanjangkan umur, agar bisa bertemu hingga Ramadhan, tetapi kita tidak bisa memastikannya," ungkap Edy Natas saat Gerakan Sholat Subuh Berjama'ah (GSSB) Provinsi Riau, Sabtu pagi.

Gerakan subuh berjamaah tersebut telah diselenggarakan sebanyak 112 kali di sejumlah kabupaten/kota di Bumi Lancang Kuning. Pada Sabtu ini, GSSB berlokasi di Masjid Al Muhsinin, Jalan Ramin, Tangkerang Utara, Pekanbaru.

Baca juga: Bumi Melayu Raih Keberkahan, Edy Natar: Pelajari Ilmu Agama dan Selalu Shalat Berjamaah

Program GSSB yang merupakan bentuk dakwah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ini bertujuan sebagai wadah silahturahmi dan memperkuat ukhuwah Islamiyah, serta mengajak umat untuk meramaikan masjid.

Edy menjelaskan, para jemaah termasuk orang beruntung bisa berkumpul pada gerakan subuh ini. Harus jauh lebih bersyukurlah masih diberikan kesempatan untuk melangkahkan kaki ke masjid. Karena banyak dalam beberapa hari yang lalu dirinya terus saja menerima kabar meninggal dunia dari orang-orang terdekat.

"Jadi artinya ini peringatan bagi kita, sebab rasul telah mengingatkan kepada kita bahwa umur kita ini sangat singkat. Kita pun tidak bisa memastikan dipanjangkan umur dapat bertemu dengan bulan Ramadhan, tapi apabila kita bertemu pada bulan Ramadhan apakah cukup sampai disitu saja. Ini lah yang harusnya kita pahami dengan baik, kita harus memanfaatkannya," jelas dia.

Mantan Danrem Wira Bima ini mengungkapkan, bahwa dirinya sering sekali mengamalkan surat Al-Hasyr Ayat 18 yang isinya, 'Wahai orang-orang yang beriman. Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.'

Baca juga: Akhir Masa Jabatan Syamsuar-Edy Natar, Pertumbuhan Ekonomi Riau Lebihi Target RPJMD 2019-2024

"Artinya itu Allah itu memberikan peringatan bagi kita, bahwa dunia itu bukan kampung kita. Kampung kita yang sesungguhnya itu adalah surga, jadi kita pasti akan kembali dan bertemu di hari akhir. Makanya kalau kita diberikan kesempatan oleh Allah bertemu dengan bulan Ramadhan maka manfaatkanlah sebaik-baiknya." ungkapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: