Kemendagri Anugerahi Kota Pekanbaru APBD Award 2023

Kamis, 16 Maret 2023, 21:56 WIB | News | Nasional
Kemendagri Anugerahi Kota Pekanbaru APBD Award 2023
Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, A Fatoni serahkan APBD Award 2023 pada Wali Kota Pekanbaru, Mufliun pada rapat koordinasi nasional (Rakornas) Keuangan Daerah 2023 di Jakarta, Kamis. (humas)

PEKANBARU (16/3/2023) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dinobatkan sebagai Peringkat Pertama Tingkat Kota Realisasi Belanja Daerah Tertinggi APBD tahun 2022 dan Peringkat Ketiga Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tertinggi Tahun Anggaran 2022.

Atas prestasi itu, Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun berhak menerima penghargaan pada ajang APBD Award 2023 yang diselenggarakan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Kamis. Penghargaan yang diserahkan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, A Fatoni itu, diberikan pada rapat koordinasi nasional (Rakornas) Keuangan Daerah 2023.

Dalam sambutannya, A Fatoni mengatakan, dalam menentukan para peraih penghargaan APBD Award 2023 terlebih dulu dilakukan penilaian. Dimana, dalam prosedur penilaian tersebut didasarkan dari perhitungan melalui Laporan Realisasi Anggaran (LRA).

"Dari LRA, dibentuk tim yang akhirnya memutuskan masing-masing penerima penghargaan hari ini. Berbagai upaya dilakukan dalam percepatan realisasi APBD. Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya yang cukup baik," ucapnya.

Baca juga: Muflihun: PPDB Harus Zero Pungli

Sebelum mengakhiri laporannya, Fatoni menekankan bahwa peraih penghargaan ini merupakan tanda seorang kepala daerah yang berkualitas.

Ia juga memastikan, Kemendagri terus mendorong percepatan realisasi APBD dengan melibatkan kementrian dan lembaga untuk melakukan monitoring dan evaluasi ke depannya.

Kesuksesan Pemko Pekanbaru dalam membawa capaian realisasi pendapatan dan peningkatan PAD secara nasional ini, diakui Muflihun berkat kinerja jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Pekanbaru.

Utamanya, sinegritas dalam mewujudkan target-target pendapatan yang telah ditetapkan. "Alhamdulillah, semoga tahun ini semakin bisa ditingkatkan. Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh OPD Pemko Pekanbaru dengan turut serta didukung masyarakat kita," ujar dia.

Baca juga: Rangkaian Lampu Colok Raksasa Menyala di Lapangan MPP Pekanbaru, Ini Kata Muflihun

Dirincikan, pada tahun anggaran 2022 pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp2,49 triliun lebih dengan realisasi sebesar Rp2,32 triliun lebih atau 99,50 %.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: