Pemprov Jalin Kesepahaman dengan Tiga Perguruan Tinggi, Ini Pandangan Ketua DPRD Riau

Selasa, 07 Maret 2023, 22:16 WIB | News | Nasional
Pemprov Jalin Kesepahaman dengan Tiga Perguruan Tinggi, Ini Pandangan Ketua DPRD Riau
Ketua DPRD Riau, Yulisman.

PEKANBARU (1/3/2023) - Ketua DPRD Riau, Yulisman menilai, kerjasama Pemprov Riau dengan tiga perguruan tinggi di Indonesia, merupakan ikhtiar untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik.

Kerjasama itu telah dituangkan dalam nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

"Banyak SDM andal terlahir dari perguruan tinggi yang kemudian pemikirannya banyak dipakai untuk tata kelola pemerintahan. Hal ini tentunya sangat kami dukung. Mengingat, saat ini merupakan zaman kolaborasi dan sinergisitas. Jadi kita memang tidak bisa sendiri dalam membangun," ungkap Yulisman, Rabu (1/3/2023).

Dikatakan Yulisman, dari sisi SDM, Riau memiliki banyak mahasiswa yang saat ini tengah menempuh studi di berbagai daerah, bahkan luar negeri. Termasuk juga di tiga perguruan tinggi yang baru saja menjalin kerjasama secara khusus dengan Pemprov Riau.

Baca juga: PPDB Online Tahun 2024, Komisi V DPRD Riau: Jangan Sampai Label 'Sekolah Plus' Sebatas Nama

Harapan dia, seluruh SDM Riau yang saat ini telah selesai menempuh pendidikan agar dapat kembali memberikan sumbangsih pemikiran untuk membangun Riau.

"Tentu kita sangat berharap adik-adik kita yang berkuliah di berbagai daerah, bahkan di luar negeri itu bisa kembali ke kampung halaman. Bangun daerah kita. Tuangkan pemikiran serta ilmu-ilmu yang sudah didapat," tuturnya.

Soal dukungan pemerintah, dia berharap, Pemprov Riau dapat lebih memperhatikan lagi beasiswa yang ditujukan kepada putra-putri Riau yang berkuliah di luar daerah.

Menurut dia, generasi penerus merupakan aset yang sangat berharga bagi Riau karena dengan ilmu-ilmu yang diperoleh bisa berkontribusi untuk kemajuan daerah.

Baca juga: Pansus LKPj Riau 2023 Kupas Capaian Sektor Kesehatan dan Pendidikan

Nota kesepahaman ini ditandatangani Sekda Riau, SF Hariyanto bersama Rektor Undip Prof Yos Johan Utama serta Wakil Rekor IV UPI, Prof Bunyamin Maftoh di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Pekanbaru, Selasa (28/2/2023).

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: