RDP Komisi IX; Jumlah Anak Penderita Diabetes Melonjak, 60 Persen Perempuan, Yuk Kenali Gejalanya

Kamis, 09 Februari 2023, 17:27 WIB | News | Nasional
RDP Komisi IX; Jumlah Anak Penderita Diabetes Melonjak, 60 Persen Perempuan, Yuk Kenali...
Ilustrasi.

JAKARTA (8/2/2023) - Anggota Komisi IX DPR RI, Nurhadi menegaskan, secara fakta memang telah terjadi peningkatan kasus diabetes pada anak. Yang berbeda itu pada jumlah prevalensinya.

"Berkaitan dengan kasus diabetes pada anak, tadi Pak Menteri menyampaikan ada berbeda antara IDAI dan BPJS Kesehatan. Namun, pada realitanya memang kasus diabetes pada anak memang benar meningkat," tegas Nurhadi dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu.

Politisi Fraksi Partai NasDem ini mengaku prihatin, atas apa yang menimpa anak-anak di Indonesia. Menurut dia, kasus diabetes anak, merupakan alarm keras bagi dunia kesehatan khususnya bagi kesehatan anak-anak.

Sebab, lanjut dia, penyakit diabetes berimplikasi luas pada berbagai penyakit lain di antaranya gagal ginjal, jantung, syaraf mata dan lain-lain.

"Kami minta kejelasan dari Pak Menteri. Apa kebijakan yang akan dilakukan untuk bisa mencegah meningkatnya kasus diabetes kepada anak," katanya.

Dalam rapat tersebut, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan upaya pencegahan peningkatan kasus Diabetes Melitus (DM) pada anak, dengan mengatur gula, garam dan lemak.

"Kita akan fokus ke promotif preventif. Gula, garam, dan lemak ini akan kita atur. Ini mungkin multi sektoral, jadi saya akan bicara dengan pak Menko (Menteri Koordinator) karena sudah menyinggung industri dan sisi ekonomi," ujar Budi.

Menkes melanjutkan, langkah tersebut dilakukan dengan meningkatkan koordinasi dengan kementerian dan lembaga lain dalam pengaturan gula, garam, dan lemak guna menekan angka diabetes pada anak.

Sebelumnya, Ikatan Dolter Anak Indonesia (IDAI) merilis data yang menunjukkan bahwa prevalensi anak penderita diabetes meningkat 70 kali lipat pada Januari 2023 dibandingkan tahun 2010.

IDAI mencatat terdapat 1.645 anak di Indonesia menderita diabetes dengan prevalensinya sebesar 2 kasus per 100.000 anak.

Dari data tersebut, hampir 60 persen penderita adalah anak perempuan. Berdasarkan usia, sebanyak 46 persen berusia antara 10-14 tahun dan 31 persen berusia 14 tahun ke atas.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: