Pemprov Ajak Kabupaten Kota Manfaatkan Fasilitas Keterbukaan Informasi Anggaran Riau

Selasa, 07 Februari 2023, 17:15 WIB | News | Nasional
Pemprov Ajak Kabupaten Kota Manfaatkan Fasilitas Keterbukaan Informasi Anggaran Riau
Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau Erisman Yahya. (humas)

PEKANBARU (7/4/2023) - Hasil studi Indek Keterbukaan Informasi Anggaran (KIA) Fitra Riau tahun 2022, menempatkan Pemprov Riau dengan skor indek mencapai 0,74. Ini merupakan indeks tertinggi dan meningkat signifikan dari tahun 2021 yang baru berada di angka 0,53.

Studi ini, berbasis tracking website. Namun, studi ini juga menunjukan, pemerintah daerah khususnya di kabupaten dan kota di Riau, masih dalam kategori tertutup.

Menanggapi hasil studi tersebut, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kadiskominfotik) Riau, Erisman Yahya mengatakan, dengan skor yang diraih tersebut, pemerintah kabupaten/kota di Riau dapat mencontoh apa yang sudah dilakukan Pemprov Riau.

"Kami imbau kabupaten/kota untuk mencontoh apa yang sudah dilakukan Pemprov Riau dalam hal keterbukaan informasi anggaran," ujarnya.

Baca juga: Raflis Paparkan 18 Inovasi untuk Perkuat Keterbukaan Informasi di MAN 2 Pessel

Erisman mengatakan, dalam hal keterbukaan informasi anggaran, pihaknya sudah memanfaatkan teknologi dalam hal menyampaikan informasi pada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan transparansi.

"Jadi, masyarakat bisa melihat untuk apa saja APBD Riau itu melalui website. Bahkan, siapa PPTK-nya juga bisa diketahui, jadi tidak ada yang disembunyikan lagi, semua bisa diakses," katanya.

Bagi pemerintah kabupaten/kota yang juga ingin menggunakan aplikasi yang sudah digunakan Pemprov Riau, pihaknya juga mempersilahkan dengan sistem berbagi pakai.

"Silahkan saja yang ingin menggunakan aplikasi kami, tinggal berbagi pakai saja. Selama ada kemauan akan kami bantu," sebutnya.

Baca juga: DISKOMINFO Pessel Gelar FPD Renja 2025

Sebelumnya, Manager Advokasi Fitra Riau, Taufik mengatakan, tahun 2022 nilai indeks rata-rata Provinsi dan 12 Kabupaten se-Riau adalah 0,25 poin.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: