Wagubri Hadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Secara Virtual, Ini yang Dibicarakan

Senin, 06 Februari 2023, 12:46 WIB | News | Nasional
Wagubri Hadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Secara Virtual, Ini yang...
Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengikuti pertemuan tahunan industri jasa keuangan 2023 secara virtual, Berlangsung di kediaman Wagub Riau, Senin. (humas)

PEKANBARU (6/2/2023) - Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengikuti pertemuan tahunan industri jasa keuangan 2023 secara virtual, Berlangsung di kediaman Wagub Riau, Senin. Kegiatan ini bertemakan penguatan sektor jasa keuangan dalam menjaga pertumbuhan ekonomi.

Dalam kegiatan itu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar menerangkan, pertemuan tahunan industri jasa keuangan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang dimulai dengan dialog OJK bersama industri jasa keuangan pada Desember 2022 lalu.

Sekaligus, juga penyampaian secara langsung aspirasi seluruh industri jasa keuangan kepada Presiden RI Joko Widodo yang dilaksanakan bulan lalu.

"Pada kesempatan ini Presiden dan OJK akan menyampaikan pesan strategi pada seluruh industri dan stakeholder jasa keuangan dengan bertemakan penguatan sektor jasa keuangan dalam menjaga pertumbuhan ekonomi," katanya.

Baca juga: Nilai Transaksi Pasar Modal Sumatera Barat hingga Februari 2024 Tembus Rp1,58 Triliun

Mahendra menyebutkan, pemulihan perekonomian Indonesia selama Tahun 2023 akan terus berlanjut. Peningkatan aktivitas perekonomian domestik dari sisi konsumsi dan investasi telah menjadi penopang pertumbuhan.

Menurutnya, hal itu diperkuat oleh pengumuman pemerintah mengakhiri tanggap darurat pandemi yang akan menjadi modalitas utama bagi pertumbuhan ekonomi lebih kuat lagi tahun ini.

"Kami meyakini, sebagian besar risiko transmisi perlambatan pertumbuhan ekonomi global, termasuk dampak penurunan harga komoditas, penurunan permintaan ekspor, dan pendekatan likuiditas global sudah dipahami dan akan dapat dimitigasi dengan tepat," ucapnya.

Mahendra menambahkan, tahun ini siklus politik lima tahunan juga dimulai. Belajar dari periode lalu, akselerasi pertumbuhan konsumsi masyarakat dan aktivitas industri akan meningkat, khususnya industri padat karya seperti makanan, minuman, tekstil, produk tekstil, percetakan serta transportasi.

Baca juga: PDRB Sumbar Membaik Seiring Tumbuhnya Industri Perbankan Sumbar Posisi Februari 2024

Mahendra mengatakan, pemilihan umum dan pemilihan Presiden dan Wapres kali ini adalah yang kelima setelah reformasi. Jelas dia, pengalaman menunjukkan sekalipun suhu politik tentu meningkat, namun kondisi keamanan kepastian hukum dan iklim berusaha tetap terjaga dengan baik.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: