Kendaraan ODOL Pemicu Kerusakan Jalan, Gubri: Anggaran Perbaikan Tahun ini Rp866,046 Miliar

Senin, 16 Januari 2023, 17:21 WIB | News | Nasional
Kendaraan ODOL Pemicu Kerusakan Jalan, Gubri: Anggaran Perbaikan Tahun ini Rp866,046...
Gubernur Riau, Syamsuar.

PEKANBARU (13/1/2023) - Anggaran perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan di Provinsi Riau Tahun Anggaran 2023 ini mencapai angka Rp866,046 miliar.

Jumlah ini meningkat di banding tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp600 miliar lebih. Anggaran ini termasuk fisik jalan, konsultan pengawasan dan perencanaan.

"Peningkatan anggaran ini sebagai bentuk komitmen Pemprov Riau, bahwa perbaikan infrastruktur jalan ini jadi prioritas, sehingga setiap tahun dapat ditingkatkan dan bisa bermanfaat bagi rakyat," kata Gubernur Riau, Syamsuar, di Pekanbaru, Jumat.

Meski anggaran infrastruktur jalan tahun ini mengalami peningkatan, namun anggaran tersebut belum mampu menyelesaikan persoalan jalan provinsi di kabupaten/kota.

Baca juga: Pemprov Sumbar Gelontorkan Rp137 miliar untuk Perbaikan Jalan Provinsi di Tanah Datar

"Anggaran segitu itu belum bisa menyelesaikan semua jalan. Tapi komitmen kami anggaran infrastruktur jalan ini setiap tahun harus meningkat sesuai kemampuan keuangan daerah," ujarnya.

Dia menyampaikan, anggaran infrastruktur jalan tersebut bisa ditingkatkan lebih besar lagi apabila dana Participating Interest (PI) 10 Persen dari Blok Rokan sudah keluar.

"Kalau anggaran PI 10 Persen Blok Rokan cair, maka bisa besar anggaran infrastruktur jalan yang bisa dialokasikan. Tapi mudah-mudahan tahun ini bisa kita terima anggaran PI itu," pungkasnya.

Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau mencatat jalan kewenangan pemerintah provinsi Riau saat ini sepanjang 2.799,81 Km.

Baca juga: Mudik Lebaran, Mahyeldi: Perbaikan Jalan Nasional yang Rusak Akibat Banjir Tuntas H-7

Kepala Dinas PUPR PKPP Riau, M Arief Setiawan mengatakan, untuk rincian kondisi jalan tersebut, yakni sepanjang 615,54 Km dalam kondisi rusak ringan dan 421,10 Km dalam kondisi rusak berat.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: