Program Kartu Prakerja Berlanjut di Tahun 2023, Nominal Bantuan Meningkat, Ini Persyaratannya

Senin, 02 Januari 2023, 11:24 WIB | News | Nasional
Program Kartu Prakerja Berlanjut di Tahun 2023, Nominal Bantuan Meningkat, Ini...
Ilustrasi.

Jumlah nominal bantuan tersebut pun terbilang naik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp3,55 juta.

Sepanjang tahun 2022, telah tercatat sebanyak 4.984.791 orang menjadi penerima manfaat program tersebut, didominasi masyarakat yang memiliki latar belakang jenjang pendidikan SMA atau sederajat yaitu sebesar 38,87 persen.

Kemudian, posisi terbanyak kedua yaitu masyarakat yang memiliki latar belakang jenjang pendidikan SD ke bawah sebanyak 31,17 persen. Selanjutnya, masyarakat dengan jenjang pendidikan SMP sebanyak 23,44 persen.

Baca juga: LKPj Sumbar 2023, Populasi Pemuda Capai Angka 24,87 Persen, IPM Lampaui Target RPJMD

Selain itu, terdapat pula masyarakat yang memiliki latar belakang jenjang pendidikan Diploma yang menjadi penerima Kartu Prakerja yaitu sebanyak 4,55 persen dan Sarjana sebanyak 1,97 persen.

Diketahui, 1.209 pelatihan pun dibeli oleh penerima manfaat sepanjang tahun 2022.

Adapun, sejumlah bidang pelatihan yang menjadi pilihan terbanyak atau terfavorit penerima adalah penjualan dan pemasaran, teknik, makanan dan minuman, manajemen dan gaya hidup.

Tertarik jadi Lembaga Pelatihan Kartu Prakerja? Berikut hal yang harus dipenuhi untuk menjadi Lembaga Pelatihan dalam ekosistem Kartu Prakerja.

Kriteria Administratif Calon Lembaga Pelatihan

Memiliki Badan Usaha

Bagi Lembaga Pelatihan swasta wajib memiliki perizinan berusaha atau Nomor Induk Berusaha (NIB) yang diterbitkan melalui sistem online single submission (OSS)

Akses Informasi ke Publik

Menyediakan informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh publik mengenai riwayat lembaga, struktur organisasi, daftar jenis pelatihan dan instruktur, detail kontak serta sarana prasarana pelatihan

Mengajukan permohonan melalui Platform Digital (PD)

Mengajukan permohonan melalui Platform Digital (PD) yang telah resmi menjadi Mitra Program Kartu Prakerja yang akan melakukan verifikasi dan validasi terhadap dokumen dan informasi yang diberikan. Detailnya baca dilink ini.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: