BPNB Padang Gelar Atraksi Seni Budaya dari 5 Danau

Selasa, 02 Agustus 2022, 17:46 WIB | Wisata | Kab. Agam
BPNB Padang Gelar Atraksi Seni Budaya dari 5 Danau
Perwakilan grup seni tradisi akan unjuk kebolehan pada iven Atraksi Seni Budaya dari 5 Danau yang digelar Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) di tepian Danau Maninjau, Senin. (humas)

"Sumbar ini memiliki budaya dan kesenian yang unik. Oleh sebab itu, perlu kita bersama-sama dalam melestarikannya, salah satunya upayanya adalah dengan kegiatan festival seperti ini," ungkap Syaifullah.

Dikatakan, Pemprov Sumbar sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, karena budaya sudah menjadi ciri khas daerah Ranah Minang.

Ia berharap, kegiatan ini bisa secara rutin dilaksanakan, karena bukan hanya dapat melestarikan budaya dan kesenian saja, tapi juga dapat meningkatkan sektor kepariwisataan.

Baca juga: Seminar Budaya Matrilineal BPNB-Satupena: 139 Bahasa Daerah Hilang, Ini Penyebabnya

"Kabupaten Agam bukan hanya terkenal dengan kearifan lokal dan budaya yang unik serta keindahan alamnya, tapi juga memiliki nilai sejarah yang cukup banyak dan melahirkan tokoh-tokoh penting dari tanah Minang, salah satunya adalah Buya Hamka," terangnya.

Ia berharap, dengan iven ini, kesenian, budaya, pariwisata dan sejarah yang ada, bisa dikenal secara luas, bahkan sampai ke dunia Internasional.

Potensi Besar

Sementara itu, Jetson mengucapkan terimakasih pada BPKB Sumbar, yang menjadikan Nagari Sungai Batang sebagai tuan rumah pada kegiatan ini.

"Danau Maninjau memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, di antaranya yaitu pariwisata, budaya, sejarah dan banyak lainnya," ujarnya.

Oleh sebab itu, terangnya, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kita bisa menggali potensi-potensi tersebut, dan memanfaatkannya secara maksimal, sehingga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Kita berharap, kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan, dan direncanakan pada tahun depan, festival ini akan dikemas lebih meriah lagi," ujarnya. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: