141 Sasaran Silat Terdaftar di IPSI Agam

Minggu, 12 April 2015, 22:42 WIB | Sport | Kab. Agam
141 Sasaran Silat Terdaftar di IPSI Agam
Dua tuo silek, memeragakan galuik saat peresmian perguruan Pencak Silat Hiu Kumbang sekaligus batagak kudo-kudo kantor Wali Jorong Cacang Tinggi, Sabtu (11/4/2015). (humas pemkab agam)

VALORAnews - Ketua IPSI Agam, Martias Wanto mengungkapkan, saat ini telah tercatat sebanyak 141 sasaran silat yang telah diresmikan, selama empat tahun terakhir. Kesemuanya itu telah terdaftar di IPSI Agam.

"Mudah-mudahan, anak kamanakan di Nagari Tiku Utara dapat mengembangkan sasaran silat setelah diresmikan," harap Martias Wanto, saat peresmian perguruan Pencak Silat Hiu Kumbang sekaligus batagak kudo-kudo kantor Wali Jorong Cacang Tinggi, Sabtu (11/4/2015), sebagaimana siaran pers pemkab Agam, beberapa saat lalu.

Setiap minggu, katanya, tiga kali bupati meresmikan sasaran silat di berbagai daerah di Agam. IPSI Agam mengucapkan terimakasih kepada bupati yang turut mendukung pelestarian seni tradisi ini.

"Saat ini, Pemkab Agam telah memasukkan silat dalam kegiatan ekstrakurikuler di setiap sekolah di Kabupaten Agam," katanya.

Baca juga: Jalur Padang-Bukittinggi via Malalak Bisa Dilewati Lagi, Pengendara Diminta Hati-hati, Ini Sebabnya

Sementara, Wali Nagari Tiku Utara, Kandarini menyampaikan, dua agenda besar ini murni swadaya masyarakat. Semua ini terlaksana, berkat kerjasama dengan masyarakat dalam membangun kampung.

Di samping itu, Kandarini juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran bupati Agam, dalam batagak kudo kudo dan peresmian perguruan silat di wilayahnya.

Menurut, Wali Jorong Cacang Tinggi, Mainir, kedua kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan hasil kerja keras masyarakat.

Kegiatan yang berjalan lancar ini, dilanjutkan dengan atraksi sasaran silat oleh masing masing perguruan yang ada di wilayah itu. (kyo)

Baca juga: Minang Diaspora Bantu Selimut dan Tikar bagi Korban Banjir di Kecamatan IV Angkek

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: