Ini Tips jadi Investor Saham ala Susy Meilina di Webinar Econand

Kamis, 29 Juli 2021, 16:36 WIB | News | Nasional
Ini Tips jadi Investor Saham ala Susy Meilina di Webinar Econand
CEO PT MNC Sekuritas, Susy Meilina saat jadi narasumber pada Webinar Nasional Menjadi Investor Cerdas Bersama Lo Kheng Hong yang digelar Econand, Kamis siang.
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (29/7/2021) - CEO PT MNC Sekuritas, Susy Meilina mengungkapkan, tingkat literasi tentang pasar modal masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Sementara, di negara maju seperti Jepang, pelajar tingkat sekolah dasar (SD) sudah diajak berkunjung ke kantor pasar modal hingga pengenalan dunia pere-saham-an melalui perangkat smart phone.

"Catatan kita, investor saham (stock investor) masih kurang dari angka 1 persen dari sekitar 270 juta penduduk Indonesia," ungkap Susy Meilina saat jadi narasumber pada Webinar Nasional Menjadi Investor Cerdas Bersama Lo Kheng Hong yang digelar Econand, Kamis siang.

Bersama Susy, narasumber lainnya dalam webinar ini yakni Head of Unit Gadai Efek PT Pegadaian, Deni Hamzah dengan keynote speech, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar, Yusri dan Novrihandri (Ketua Umum IKAFE Unand).

Webinar ini dipandu dua moderator, Heni Eka Surya (Direktur Utama Econand) dan Irwan Rudiansyah (Associate Trainer Econand) dengan narasumber utama, Lo Kheng Hong, salah seorang investor ternama Indonesia.

Dikatakan Susy, jumlah investor saham di Indonesia pada Juni 2021 sebanyak 2,9 juta orang. Pada Juni 2021 telah mencapai angka 5,9 juta orang. Bertumbuh sebesar 103,4 persen.

"Dari angka itu, investor millenial dengan usia kurang dari 30 tahun sebanyak 58,39 persen. Kemudian, usia antara 31-40 tahun, sebesar 21,61 persen. Investor saham dari kalangan millenial ada di angka 80 persen," ungkap Susy.

Susy kemudian memberikan tips bagi kaum millenials dalam berinvestasi di pasar saham. Yakni, belajar investasi dari berbagai sumber seperti rajin ikuti kegiatan edukasi tentang pasar saham, nonton film tentang investasi, membaca buku tentang investasi dan segala sesuatu terkait dengan dunia saham.

"Akun Instagram (Ig) MNC Sekuritas juga secara reguler menayangkan cara-cara berinvestasi di Pasar Modal. Silahkan diikuti dan belajar ilmu dari narasumber yang hadir di situ," terangnya.

Tips lainnya dari Susy yakni memulai dengan modal kecil lalu meningkatkannya secara bertahap. Kemudian, disiplin berinvestasi dengan menabung saham, memilih saham dengan fundamental yang baik dan likuiditas yang tinggi serta fokus.

"Untuk memulai investasi saham, segera buka rekening efek di perusahaan sekuritas, sisihkan dana secara rutin dan segera beli saham untuk investasi," ungkap Susy membocorkan langkah yang diperlukan untuk jadi salah seorang investor saham.

Kemajuan teknologi informasi, terangnya, para pemula di dunia investasi saham bisa dengan cara mengunduh aplikasi MNC Sekuritas di playstore, untuk bisa ikut berinvestasi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: