Hari-hari Terbaik

*Irsyad Syafar

Senin, 20 Juli 2020 | Opini
Hari-hari Terbaik
Irsyad Syafar - Anggota DPRD Sumbar

Sebuah catatan bagi yang tidak ikut berqurban, padahal Allah SWT memberikan kelapangan baginya, mereka tidak diperkenankan mendekat ke tempat shalat Idul Adha. Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang memiliki kelapangan, lalu tidak berqurban, maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat kami". (HR Ahmad, Ibnu Majah dan Baihaqi).

Satu lagi tuntunan Rasulullah SAW bagi kita yang sudah berniat berqurban, yaitu menahan diri dari bercukur rambut dan memotong kuku. Ada dua hadits shahih yang menyebutkan tuntunan Rasulullah SAW ini.

Yang pertama dari riwayat Ummu Salamah, Rasulullah SAW bersabda: "Jika kalian telah menyaksikan hilal Dzul Hijah (maksudnya telah memasuki satu Dzulhijah, pen) dan kalian ingin berqurban, maka hendaklah shohibul qurban membiarkan (artinya tidak memotong) rambut dan kukunya." (HR Muslim)

Dalam lafazh hadits lainnya, Rasulullah SAW bersabda: "Siapa saja yang ingin berqurban dan apabila telah memasuki awal Dzulhijah (1 Dzulhijah), maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sampai ia berqurban." (HR Muslim).

Hadits pertama berisi perintah menahan rambut dan kuku, sedangkan hadits kedua berisi larangan bercukur. Berarti kedua dalil ini sangat kuat menunjukkan larangan mencukur rambut dan memotong kuku bagi yang akan berqurban, semenjak tanggal 1 Dzulhijjah sampai selesai penyembelihan.

Larangan ini tidak berlaku bagi keluarganya. Semoga Allah memudahkan kita dalam mentaati-Nya dan semoga kita segera bersiap diri.

Wallahu A'laa wa A'lam.

NB: Besok (Selasa) hari terakhir peluang cukuran dan potong kuku. (*)

Halaman:
1 2

*Anggota DPRD Sumbar

Bagikan:
Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed.

Tanggulangi Stunting dengan Edukasi Gizi dan PMT Pangan...

Opini - 03 Mei 2024

Oleh: Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed

Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Kesenjangan Pelayanan Kanker: Tantangan dan Harapan

Opini - 01 Mei 2024

Oleh: Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar