Sepenuh Hati di Bulan Ramadhan Ba'da Tahmid dan Sholawat

*Hj Nevi Zuairina

Jumat, 31 Maret 2023 | Opini
Sepenuh Hati di Bulan Ramadhan Ba'da Tahmid dan Sholawat
Hj Nevi Zuairina - Anggota F-PKS DPR RI Sumbar II

Bulan demi bulan pun berlalu. Uwais terus berlatih tanpa peduli komentar dan ejekan orang. Menjelang keberangkatan haji, bobot lembu itu telah mencapai 100 Kg, lebih berat dari tubuh ibunya. Maka begitu tiba musim haji, Uwais menggendeng ibunya dari Yaman menuju Makkah. Thawaf, sai, perjalanan ke Arafah. Hingga akhirnya kembali pulang ke rumah. Kebersihan hati dan mujahadah yang luar biasa dalam berbakti kepada ibunda membuat doanya sangat mustajabah. Uwais dianggap biasa saja oleh manusia saat itu bahkan dijuluki gila oleh masyarakat, tetapi namanya terkenal di langit. Hingga Allah mengabarkan kepada Rasulullah, lalu Rasulullah mensabdakan kepada sahabatnya. Kini, hampir setiap muslim mengenal namanya.

Kesungguhan Uwais, mujahadah Uwais dalam berbakti kepada ibunda seharusnya juga menjadi semangat mujahadah kita di bulan Ramadhan yang mulia. Sekuat tenaga kita kerahkan segala upaya agar bisa menunaikan puasa dan ibadah Ramadhan sebaik-baiknya sejak hari pertama. Mungkin makin lama, mendekati idulfitri nanti, tantangan kita semakin berat seperti berat lembu yang makin bertambah di pundak Uwais. Namun, dengan kesungguhan setiap waktu, beban berat itu tetap kuat Uwais angkat. Sehingga Allah memuliakannya sampai saat ini.

Demikian pula bagaimana kita seharusnya memiliki keteguhan hati dan kebulatan tekad di bulan ramadhan ini. Akan banyak godaan dan ujian menjelang lebaran. Seperti berburu baju lebaran dengan diskon menarik, kesibukkan di dapur memasak berbagai rupa kue-kue dan makanan. Dan lain sebagainya. Sehingga bisa membuat kita meninggalkan masjid beralih ke mall. Padahal kita sudah mengazamkan akan ber sungguh-sungguh sejak hari pertama dan terus menerus menggendong amal-amal Ramadhan sekuat tenaga.

Sepenuh energi kita persembahkan amal-amal terbaik di bulan suci ini. Mulai dari puasa, shalat tarawih, tilawah Al-Qur'an, dzikir, sedekah, dan amal-amal lainnya. Dan semoga Allah masukkan kita ke dalam golongan hamba-Nya yang bertaqwa. Sebagaimana tujuan puasa dalam firman-Nya:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. (QS. Al-Baqarah: 183)

Ketika kita telah menjadi hamba-Nya yang bertaqwa, semoga Allah mencurahkan rida kepada kita dan tiada tempat kembali selain surga-Nya.

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam surga dan kenikmatan. (QS. At-Thur: 17)

Semoga Allah menjaga kesehatan kita, menganugerahkan kekuatan beribadah secara optimal di bulan Ramadhan, mengokohkan mujahadah kita, dan kelak mempertemukan kita semua dalam rida dan surga-Nya.

Wallahu'alam bishowab. (*)

Halaman:
1 2

*Anggota F-PKS DPR RI Sumbar II

Bagikan:
Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed.

Tanggulangi Stunting dengan Edukasi Gizi dan PMT Pangan...

Opini - 03 Mei 2024

Oleh: Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed

Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Kesenjangan Pelayanan Kanker: Tantangan dan Harapan

Opini - 01 Mei 2024

Oleh: Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar