120 Pedagang di Agam Terima Bantuan Usaha

Rabu, 01 Juni 2016, 21:00 WIB | Wisata | Kab. Agam
120 Pedagang di Agam Terima Bantuan Usaha
Ilustrasi.
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews---Pemkab Agam memfasilitasi bantuan peralatan usaha bagi 120 pedagang yang berada di enam nagari di wilayah itu dengan tujuan untuk mengembangkan dan mensejahterakan usaha para berdagang.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Agam Kudri mengatakan, ke 120 pedagang itu berasal dari enam nagari, yakni, Nagari Kampuang Pinang Kecamatan Lubuk Basung sebanyak 20 orang, Nagari Panampuang Kecamatan Ampek Angkek sebanyak 20 orang.

Lalu, Nagari Duo Koto Kecamatan Tanjung Raya sebanyak 20 orang, Nagari Maninjau Kecamatan Tanjung Raya sebanyak 20 orang, Nagari Sungai Batang Kecamatan Tanjung Raya sebanyak 20 orang dan Nagari Koto Malintang Kecamatan Tanjung Raya sebanyak 20 orang.

"Untuk setiap nagari dibantu sebanyak 20 pedagang yang merupakan usulan dari enam wali nagari atau kepala desa di wilayah itu," kata Kudri didampingi Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan, Syamsir.

Baca juga: Bupati Agam Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 54 Pengurus Bamus Nagari

Ia menjelaskan, bantuan ini berasal dari Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia pada 2016. Agam mendapatkan bantuan sebanyak enam paket dan setiap paket dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang.

Sebelum mendapatkan bantuan, pedagang terlebih dahulu mengikuti pelatihan dengan narasumber dari pihak bank, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Trasmigrasi, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan.

"Bantuan yang diterima pedagang ini seperti, satu set kompor gas, lemari es, piring, sendok, gelas, blender, kompor hock, etalase, kursi dan lainnya," ujarnya.

Untuk nagari lain, pelatihan akan diadakan dalam waktu dekat dan setelah itu baru diserahkan bantuan yang mereka usulkan. Bantuan Ini merupakan kelanjutan dari tahun 2015.

Baca juga: Bupati Agam Bersama Grup Tarak Tacin Meriahkan Reuni Gadang 2024 IASMA Landbouw

"Pada saat itu bantuan hanya diberikan sebanyak tiga nagari di kabupaten Agam," katanya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: