45 Aset Tanah Pemkab Agam Belum Bersertifikat

Selasa, 26 April 2016, 08:30 WIB | Wisata | Kab. Agam
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews---Kantor Pertanahan Kabupaten Agam menyerahkan 33 sertifikat aset tanah milik Pemerintah Kabupaten Agam. Sertifikat ini diterima langsung Bupati Agam Indra Catri, Senin (25/4) usai upacara peringati Hari Otonomi Daerah di halaman kantor bupati setempat.

Plt Kepala Kantor Pertanahan Agam Maeven Indra mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari anjuran pemerintah pusat untuk menyertifikatkan aset tanah milik pemerintah daerah dengan tujuan untuk menjamin adanya kepastian hukum terhadap tanah milik pemerintah daerah, sehingga nilai tanah dapat dihitung serta mencegah terjadinya perkara sengketa dengan masyarakat.

Menyikapi hal ini pemerintah Kabupaten Agam membuat program penyusunan sistem informasi pertanahan yang handal tahun 2016 yang dikelola oleh Bagian Pertanahan Sekretariat Daerah Kabupaten Agam.

Dikatakan Maeven, ada 78 aset tanah milik Pemkab Agam yang mana 33 aset diantaranya sudah diserahkan sementara sisanya masih dalam proses.

Adapun 33 aset tanah ini terdiri dari tanah bangunan sekolah sebanyak 14 unit, Pustu dua unit, dermaga sungai satu unit, Puskesri dua unit, Kantor Camat satu unit, UPT Puskeswan tiga unit, tempat pembuangan sampah umum satu unit, Tempat pengolahan sampah Terpadu tujuh unit, balai penyuluhan pertanian satu unit dan pasar ternak satu unit.

"Kedepan diharapkan setiap aset tanah yang diserahkan masyarakat kepada pemerintah daerah agar memiliki persuratan yang lengkap, sehingga prosesnya dapat berjalan dengan cepat dan tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari," harap Maeven.

Bupati Agam Indra Catri memberikan apresiasi terhadap langkah kerjasama yang dilakukan pemerintah daerah dengan kantor pertanahan Kabupaten Agam dalam upaya percepatan persertifikatan tanah aset milik pemerintah daerah tersebut.

Pada kesempatan yang sama bupati juga mengucapkan selamat menjalankan tugas kepada Plt Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Agam Maeven Indra, dengan harapan kiranya kerjasama yang sudah terbangun dengan baik ini dapat terus ditingkatkan dimasa yang akan datang. (rel)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: