19 Ha Sawah di Agam Siap Cetak

Rabu, 13 April 2016, 09:03 WIB | Wisata | Kab. Agam
19 Ha Sawah di Agam Siap Cetak
Ilustrasi.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Seluas 19 hektar sawah di Jorong I Siguhung Kecamatan Lubuk Basung Agam, sudah siap dicetak.

"Saat ini tinggal pembuatan pematang sawah," ujar Kabid Pengelolaan Lahan Air dan Alsintan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (Dispertahornak) Kabupaten Agam Nyoman, dikutip dari siaran pers Agam Media Center, Rabu (13/4/2016).

Nyoman mengatakan, di Kabupaten Agam percetakan sawah dilakukan seluas 59 hektar dengan pelaksana oleh TNI, karena mengingat luas lokasi di Jorong I Siguhung tidak mencukupi, maka dicari lokasi lain untuk penambahannya.

"Lokasi tambahan direncanakan di Dama Sikuciang, Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung seluas 10 hektar dan 30 hektar lagi di Jorong Muaro Putuih, Nagari Tiku Limo Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara," terang Nyoman.

Dikatakan Nyoman, lokasi yang direncanakan itu belum bisa ditetapkan untuk dijadikan lahan percetakan sawah, sebab lahan tersebut juga bakal disurvei terlebih dahulu oleh pihak Dinas Pertanian Sumbar bersama pihak Unand Padang untuk menentukan layak atau tidaknya.

Sebab untuk percetakan sawah ini harus bebas dari kawasan hutan lindung, tersedia sumber air, lokasi terjangkau, bebas dari zona merah dan lokasi relatif datar. Selain itu, lokasi yang bisa di cetak merupakan lahan yang tidak produktif dan belum pernah diolah ataupun dijamah tetapi dimiliki oleh kelompok tani.

Program ini merupakan program nasional melalui Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, yang mana kegiatan ini dibiayai oleh pemerintah pusat melalui APBN sebesar Rp940 juta dan bekerjasama dengan TNI.

Nyoman menjelaskan, program ini bertujuan untuk meningkatkan produksi beras khusnya di Kabupaten Agam dan mendukung program pemerintah pusat yaitu swasembada pangan. (rel)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: