Jumlah Wisatawan Menurun Pascabencana Beruntun, Hidayat Inisiasi Festival Multi Etnis di Padang

Minggu, 23 Juni 2024, 00:48 WIB | Wisata | Kota Padang
Jumlah Wisatawan Menurun Pascabencana Beruntun, Hidayat Inisiasi Festival Multi Etnis di...
Anggota DPRD Sumbar, Hidayat bersama Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Luhur Budianda, Yosefriawan (Pj Sekda Padang) dan jajaran, pada pembukaan Festival Multi Etnis tahun 2024, di Padang, Sabtu. (humas)

Dinas Pariwisata Sumatera Barat mencatat, kunjungan wisatawan Nusantara yang datang ke Sumatera Barat hingga Mei 2024 sebanyak 5,8 juta orang. Sedangkan Mei 2023 tercatat 7,3 juta orang.

Namun, bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi dan longsor serta banjir yang melanda enam daerah di Sumatera Barat, tidak memengaruhi tingkat kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Sumatera Barat.

Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat mencatat, tingkat kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Sumatera Barat hingga Mei 2024 mencapai 23 ribu orang. Sedangkan di periode yang sama tahun 2023, tercatat 13,3 ribu orang.

Baca juga: Ranperda Pemajuan Kebudayaan Daerah, Hidayat: Kebhinekaan Telah Dijelaskan sejak Konsideran Menimbang

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Padang, Yosefriawan mengatakan, Pemerintah Kota Padang sangat terbuka terhadap kegiatan festival kesenian.

Semakin banyak festival kesenian yang diadakan akan berdampak positif terhadap peningkatan PAD Kota Padang.

Yosefriawan mengatakan, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak restoran dan hotel di Kota Padang masing-masing mencapai Rp60 miliar dari pajak Restoran dan Rp70 miliar dari pajak hotel. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: