Usulan Caleg Pemilu 2024 Ditetapkan: PDIP Pasang Target 1 Kursi di Setiap Dapil se-Sumbar, Alex: Daerah Basis Ditarget 2 Kursi per Dapil

Minggu, 02 April 2023, 11:56 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Usulan Caleg Pemilu 2024 Ditetapkan: PDIP Pasang Target 1 Kursi di Setiap Dapil...
Wakil Sekjen DPP PDIP, Utut Adianto bersama Alex Indra Lukman (Ketua PDIP Sumatera Barat), memberikan keterangan pers tentang pengusulan Caleg Pemilu 2024 di Padang, Sabtu. (mangindo kayo)

Khusus untuk daerah kategori basis seperti Kabupaten Dharmasraya dan Kepulauan Mentawai, ungkap Alex, tergetnya lebih tinggi dari daerah non basis.

"Di Dharmasraya dan Mentawai ini, kita menargetkan dua kursi per Dapil. Pemilu 2019 lalu, PDIP juga berhasil jadi pemenang sekaligus mendudukan kadernya jadi Ketua DPRD di kedua daerah ini. Kita ingin prestasi di pemilu lalu ini lebih baik lagi di pemilu sekarang," tegas Alex.

Sedangkan untuk kursi parlemen di tingkat provinsi, Alex menyebutkan, PDIP pasang target untuk bisa meraih minimal 6 kursi dari delapan Dapil yang ada di Sumbar pada Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga: 291 Bacaleg DPRD Provinsi masih Belum Memenuhi Syarat, Jons Manedi: Mengganti dan Mengubah Nomor Urut masih Bisa

Naik 100 persen dari hasil Pemilu 2019 lalu yang berhasil mendudukan 3 orang kader di DPRD provinsi. Yakni, Albert Hendra Lukman di Dapil 1 (Padang), Syamsul Bahri di Dapil 4 (Pasaman dan Pasaman Barat) dan Lelly Arni di Dapil 6 (Padang Panjang, Tanah Datar, Sawahlunto, Sijunjung dan Dharmasraya).

Naiknya target perolehan kursi di tingkat provinsi ini, ungkap Alex, memang jadi target optimistis ditengah uniknya karakteristik pemilih di Sumatera Barat.

"Kita terus belajar dari berbagai kegagalan di Pemilu sebelumnya. Kita terus memetakan basis elektoral demi memaksimalkan perolehan kursi parlemen," tegas Alex.

"Satu hal yang pasti, Caleg yang kita usulkan ke DPP ini, semuanya telah berkomitmen untuk memenangkan pasangan calon presiden yang akan diusung PDIP," tambah Alex. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: