Ini Kiprah Prof Fasli Jalal Berjibaku Memperbaiki Gizi Anak Bangsa

Sabtu, 26 November 2022, 11:59 WIB | News | Nasional
Ini Kiprah Prof Fasli Jalal Berjibaku Memperbaiki Gizi Anak Bangsa
Prof Fasli Jalal.

"Di dunia akademisi, sebagian besar dekan dan rektor di Indonesia saat ini adalah juniornya semasa aktivis. Begitu pula saat ia menjabat di kementerian, ia menjadi tempat mengadu bagi banyak dosen dan praktisi."

"Ia adalah pejabat sekelas Dirjen yang masih bisa ditemui di kantor hingga pukul 12 malam," tutur Prof Masrul diwawancara, Sabtu pagi.

Mantan Waketum Pusat Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia ini lalu menjelaskan sepak terjang Prof Fasli Jalal dalam program gizi nasional.

Baca juga: Prof Fasli Jalal Maju di Pemilihan Persidium MN, Sejarawan Publik: Beliau Anugerah bagi Kahmi

Prof Masrul menyebut, Prof Fasli Jalal sebagai sosok yang menginspirasinya turut mengambil spesialis gizi klinik.

"Bagi dunia kedokteran, bidang ini bukan favorit sebab gajinya lebih sedikit. Lama pulang modal, jika dibandingkan spesialis lain. Prof Fasli meyakinkan saya bahwa persoalan gizi akan mempengaruhi tumbuh kembang generasi ke generasi. Otak manusia terbentuk sesuai asupan gizi sejak dalam kandungan, jadilah saya turuti beliau," sebut Prof Masrul.

Sejak tahun 2022 ini, sebagian wewenang untuk program penanganan stunting di Indonesia dipindahkan dari Kementerian Kesehatan ke BKKBN dengan bekerjasama melalui Forum Rektor.

Lalu, BKKBN di tiap provinsi berkolaborasi dengan anggota Forum Rektor menjalin kerjasama dengan masing-masing kepala daerah.

"Hal ini dengan sendirinya mempercepat turunnya dana ke daerah. Beragam program mulai dikerjakan dengan rekayasa sosial. Bagi Prof Fasli sebagai Ketua Forum Rektor, persoalan stunting merupakan kewajiban untuk memperbaiki aset generasi penerus bangsa," sebut Prof Masrul.

Jauh sebelum menyatakan perang terhadap stunting, sambung Prof Masrul, kiprah Prof Fasli Jalal di Indonesia khususnya bidang gizi sudah dimulai.

Yaitu sejak kepulangan Prof Fasli Jalal dari studinya di Universitas Cornell, Ithaca, New York, Amerika Serikat. Ia lantas diminta Bappenas RI untuk menjadi Kepala Bagian Gizi dalam program tersebut.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: