Tips Menanam Cabai di Pekarangan dan Pot, Hindari 5 Kesalahan Fatal Ini

Minggu, 04 September 2022, 14:08 WIB | News | Nasional
Tips Menanam Cabai di Pekarangan dan Pot, Hindari 5 Kesalahan Fatal Ini
Bertanam cabai di polybag di sisa halaman rumah yang belum termanfaatkan.

Pot memiliki ruang yang tak begitu luas, jika dibandingkan dengan pertumbuhan akar tanaman cabai. Agar tanah dalam pot bisa menopang dengan baik, jangan berikan tanah keseluruhan.

Anda bisa menyampurkan serpihan kayu yang bertujuan untuk menjaga kelembaban. Sehingga udara yang ada di dalam tanah tidak cepat menguap. Tanah juga akan menjadi lebih asam saat melakukan hal tersebut.

Perlu Anda ingat bahwa tanah lebih cepat mengering saat menanam di dalam pot. Pemupukan yang berlebihan juga bisa menyebabkan hal serupa.

Baca juga: Mahyeldi Janjikan Nagari Sitanang Tak Lagi Blank Spot di Lebaran Idul Fitri 2024

2. Kondisi pemupukan

Saat menanam cabai di dalam pot, Anda disarankan menggunakan pupuk organik. Meskipun memiliki keunggulan, pupuk organik juga mempunyai kekurangan.

Salah satunya ialah berbau busuk di sekitar teras atau balkon rumah Anda. Namun menggunakan pupuk lebih baik daripada menggunakan pupuk cair. Apalagi jika pupuk cair dituangkan pada akar yang kering. Garam nutrisi akan segera hancur ke air jika menggunakan pupuk cair.

3. Konsisten saat menyiram

Jika Anda menanam cabai di dalam pot, sering dijumpai masalah tanah kering. Ini menjadi permasalahan umum saat menanam cabai dengan menggunakan pot. Sehingga Anda haru rajin menyiram tanaman cabai agar tetap segar.

Namun jangan terlalu sering menyiram. Jika tanah masih terlihat berair dan basah, Anda tak perlu menyiramnya. Rajin-rajinlah memeriksa kelembaban tanah yang ada pada tanaman cabai Anda.

Perlu Anda tahu, untuk menyiram tanaman lebih baik menggunakan air hujan. Karena air hujan yang dikumpulkan tidak mengandung klorin. Sedangkan jika Anda menggunakan air kran atau air sadah, didalamnya terdapat unsur kandungan klorin.

Kemudian saat menyiram tanaman cabai, usahakan saat matahari tidak berada di atasnya pas. Lakukan penyiraman pada pagi ataupun sore hari, hindari di siang hari.

4. Sinar matahari harus cukup

Perlu Anda ketahui, setiap tanaman memerlukan pencahayaan matahari. Tak terkecuali adalah tanaman cabai yang juga membutuhkan suhu hangat dari matahari. Sehingga area teras atau balkon Anda cocok untuk menanam tanaman ini dengan menggunakan pot.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: