Pemberlakuan PPKM Darurat Jawa-Bali, Awaluddin: Dokumen Perjalanan Diperiksa di 2 Checkpoin

Jumat, 02 Juli 2021, 15:30 WIB | News | Nasional
Pemberlakuan PPKM Darurat Jawa-Bali, Awaluddin: Dokumen Perjalanan Diperiksa di 2...
Seorang penumpang, diperiksa dokumen perjalanannya oleh petugas Avsec. Selama pemberlakukan PPKM, penumpang bandara akan menjalani dua kali pemeriksaan dokumen perjalanan mulai 3 Juli 2021. (istimewa)

"Bandara-bandara AP II akan membuka dua checkpoint bagi calon penumpang pesawat mulai 3 Juli 2021 untuk familiarisasi pemberlakuan peraturan pada 5 Juli sesuai SE Kementerian Perhubungan," terangnya.

"Checkpoint 1 untuk melakukan screening surat vaksinasi dan surat tes PCR terhadap penumpang menuju dan dari Jawa serta Bali, kemudian Checkpoint 2 untuk validasi kedua dokumen tersebut oleh personel KKP Kemenkes," tambah Muhammad Awaluddin.

Guna mendukung calon penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan, AP II berkolaborasi dengan KKP Kemenkes Kelas I Soekarno-Hatta mulai 3 Juli 2021 membuka Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta yakni di Terminal 2 (bagi penumpang Lion Air Group) dan Terminal 3 (bagi penumpang Garuda Indonesia dan Citilink).

Baca juga: Hendri Septa Pancang Target, PPKM Turun ke Level 3 per 18 Oktober

Selanjutnya, sentra vaksinasi juga akan dibuka di bandara-bandara AP II lainnya dengan berkoordinasi bersama KKP Kemenkes setempat.

"Sentra vaksinasi di bandara AP II ini juga dalam rangka mendukung percepatan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah agar Indonesia dapat mencapai kekebalan komunal atau herd immunity," ujar Muhammad Awaluddin.

Di samping itu, selain telah menyediakan layanan realtime Reverse Transcriptase Polimerase Chain Reaction (rRT-PCR), guna mendukung calon penumpang memenuhi protokol kesehatan, Bandara Soekarno-Hatta mulai 5 Juli 2021 akan menyediakan layanan Rapid Molecular Test-RT PCR dan Isothermal Rapid Molecular Test-NEAR yang dapat mendeteksi Virus Covid19 hanya dengan waktu sekitar 45 menit saja.

Layanan dimaksud dapat diperoleh di Airport Health Centre Bandara Soekarno-Hatta yang dioperasikan oleh Farmalab.

Rapid Molecular Test dan Isothermal Rapid Molecular ini telah disetujui penggunaannya pada periode PPKM Darurat oleh KKP Kelas I Soekarno-Hatta yang berada di bawah Kementerian Kesehatan.

"Sentra vaksinasi dan ketersediaan tes COVID-19 yang memenuhi syarat di Bandara Soekarno-Hatta akan mendukung calon penumpang pesawat memenuhi peraturan PPKM Darurat. Fasilitas serupa juga akan tersedia di bandara-bandara AP II lainnya," ungkap Muhammad Awaluddin.

Lima Bandara AP II di Jawa

Muhammad Awaluddin mengatakan, bahwa ketentuan lain di dalam PPKM Darurat Jawa-Bali akan dijalankan di lima bandara AP II yang ada di Jawa, yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga) dan Bandara Banyuwangi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: