Kegiatan Pramuka Terbukti Mampu Atasi Tantangan Kaum Muda

Kamis, 27 Desember 2018, 17:39 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Kegiatan Pramuka Terbukti Mampu Atasi Tantangan Kaum Muda
Kamabicab Gerakan Pramuka Padang, Mahyeldi meninjau kemah peserta Jambore Cabang Kwarcab Gerakan Pramuka Padang 2018, di Bumi Perkemahan Pramuka Padang Besi, Rabu (26/12/2018) sore. (humas)

VALORAnews - Kegiatan kepramukaan merupakan salah satu upaya untuk menciptakan generasi muda yang cerdas, bertanggungjawab, terampil, beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa.

Pengalaman telah membuktikan, kegiatan kepramukaan berdampak positif dalam mengatasi berbagai masalah dan tantangan kaum muda. Di samping itu, juga mampu membentuk karakter sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam 'Satya Pramuka dan Darma Pramuka'.

Demikian disampaikan Ketua Majelis Pimpinan Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Padang, Mahyeldi sewaktu membuka Jambore Cabang Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Padang Tahun 2018 di Bumi Perkemahan Pramuka Padang Besi, Rabu (26/12/2018) sore.

Menurut Mahyeldi, adik-adik tentunya merasa bangga ketika berseragam pramuka. Pasti pula akan memberikan contoh teladan sebagai anggota pramuka yang baik, di tengah-tengah masyarakat. Sebagaimana proses pendidikan kepramukaan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan, sehat, teratur serta terarah yang dilakukan di alam terbuka.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

"Salah satunya seperti kegiatan Jambore yang adik-adik pramuka ikuti ini," sebutnya.

Mahyeldi menjelaskan, Jambore merupakan pestanya pramuka penggalang. Melalui kegiatan ini banyak manfaat bisa didapatkan peserta khususnya bagi pengembangan generasi muda ke depan. Hal itu sesuai dengan arti lambang Gerakan Pramuka yakni "Tunas Kelapa" yang melambangkan bahwa setiap anggota pramuka hendaknya serba guna, seperti kegunaan seluruh bagian pohon kelapa.

"Keyakinan ini harus kita dapatkan, sebagai pendorong untuk selalu berusaha dan melakukan kreativitas. Demi perkembangan kepribadian, kemandirian dan kepercayaan diri. Sehingga, pada akhirnya adik-adik jadi generasi muda yang berguna dan bermanfaat bagi keluarga, bangsa dan negara," terangnya.

"Untuk itu terima kasih kepada semua panitia pelaksana dan selamat mengikuti Jambore bagi adik-adik pramuka semua," tukasnya. (rls/vry)

Baca juga: Bencana Lahar Dingin Sumbar, BSI Bantu Rp200 Juta, Apical Grup Distribusikan 6 Ton Minyak Goreng

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: