Menikmati Surga Kawasan Wisata Bahari Mandeh

*Yurnaldi

Senin, 25 Juli 2016 | Opini
Menikmati Surga Kawasan Wisata Bahari Mandeh

Menuju Mandeh

Belum banyak wisatawan yang ingin menikmati sensasi pesona Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh melalui perjalanan laut. Artinya, ke lokasi Mandeh wisatawan cenderung lewat perjalanan darat, sejauh 65 km selatan Kota Padang atau 22 km utara Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini disebabkan terbatasnya perahu motor atau kapal yang melayani ke kawasan tersebut, kecuali disewa khusus. Atau juga karena minimnya moda transportasi laut. Jika kawasan Mandeh ingin cepat maju dan berkembang, investor di bidang moda transportasi laut ini sangat dibutuhkan.

Untuk memperpendek jarak, Pemerintah Pusat juga sudah anggarkan dana pembangunan jalan dari Sungai Pisang, Padang, ke Sungai Pinang, Kawasan Mandeh, sejauh 42 km. Proyek jalan jalur wisata ini tuntas tahun 2017 mendatang.

Saya bersama ratusan penumpang Mandeh Joy Sailing untuk pertama kali menaiki Kapal Perang KRI Surabaya dari Palabuhan Telukbayur, Padang, menuju Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh. Waktu tempuh ke Mandeh selama 1,5 jam dengan kapal perang itu. Menariknya, saya dapat menikmati laut dan keindahan pantai pulau-pulau yang dilewati.

Setelah 25 menit berlayar, saya menyaksikan keelokan kawasan wisata pulau Sikuai, yang berada di wilayah Kota Padang. Pulau Sikuai memiliki luas sekitar 44,4 Ha, termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang alami. Pesisir pantai di Pulau Sikuai ini tak kalah dengan putihnya pantai-pantai yang ada di Pulau Bali. Sebagai daerah tujuan wisata, pulau ini sudah dilengkapi denganhotel resort berbintang. Resort di pulau ini menyediakancottage, restoran, ruangan untuk rapat, dan kolam renang.

sikuai

Pulau Sikuai dengan hotel yang dilengkapi fasilitas kolam renang. (sumber foto: 2.bp.blogspot.com)

Jika Anda masih punya waktu berlibur di Ranah Minang Sumatera Barat, maka seusai menikmati pesona Kawasan Wisata Bahari Mandeh nantinya, silakan Anda berlibur khusus ke Pulau Sikuai. Melihat keindahan dan potensi pulau ini, saya yakin Anda tak sabaran untuk segera menyeburkan diri ke laut. Berada di pulau ini serasa seperti memiliki pulau pribadi.

Berbagai kegiatan dapat Anda lakukan untuk menikmati keindahan Pulau Sikuai. Anda bisa melihat indahnya biota laut dengansnorkeling, berenang di pantai atau mendayung kano di tengah laut. Anda juga dapat bersepeda mengelilingi pulau, atau trekking ke hutan tropis.

Dalam perjalanan laut selanjutnya menuju Mandeh Anda juga bisa menikmati pesona Pulau Pasumpahan, yang juga berada di perairan Kota Padang. Pulau Pasumpahan berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Pulau ini memiliki obyek wisata pantai pasir putih dengan terumbu karang yang juga masih perawan. Selain dari terumbu karang berbagai jenis ikan karang, wisatawan juga dapat menikmati ikan-ikan hias yang ada di daerah ini. Bagi yang sukadiving, pulau ini juga menjadi rekomendasi untuk dikunjungi.

Pasumpahan kini tengah diincar investor asing untuk dikembangkan sebagai obyek wisata yang diunggulkan di Kota Padang, Sumatera Barat.

pasumpahan

Halaman:

*Wartawan Utama, Pendiri dan Ketua Forum Wartawan Pariwisata Sumatera Barat (2005

Bagikan:
Erison A.W.

Dr Rasidin Diangkat jadi Wali Kota

Opini - 16 Agustus 2024

Oleh: Erison A.W.

Hamriadi S.Sos ST

Putra Daerah di Pusaran Pilkada Bukittinggi

Opini - 16 Juli 2024

Oleh: Hamriadi S.Sos ST

Dosen FISIP Unand.

UKT Mahal, Tak Usah Kuliah

Opini - 20 Mei 2024

Oleh: Dr Emeraldy Chatra