Dr Rasidin Diangkat jadi Wali Kota

*Erison A.W.

Jumat, 16 Agustus 2024 | Opini
Dr Rasidin Diangkat jadi Wali Kota
Erison A.W.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Di antaranya, dr. Rasidin mengusulkan nama untuk Perguruan Tinggi Universitas Andalas (Unand). Juga mengusulkan nama rumah sakit di Bukittinggi, yakni Rumah Sakit Islam (Yarsi sekarang).

Sedangkan sebagai seorang dokter, dr. Rasidin salah seorang dari empat orang dokter yang mengatopsi jenazah Walikota Padang Bagindo Aziz Chan yang ditembak di simpang tugu kota Padang.

27 DESEMBER 1949 

Mengenai pergerakan dan perjuangan dr. Rasidin (saya memanggil angku Rasidin), Mulkan Raden Hidayat yang biasa saya panggil “Opa” banyak menceritakan kepada saya pada tahun 1980-an.

Kami bercerita tak saja di Kota Padang, tetapi juga di Jakarta tempat peristirahatan terakhirnya.

Pak Mulkan sekolah di HIS Adabiah. Jabatan di pemerintahan dari Kepala bagian Pewartaan Jawatan Penerangan Propinsi Sumatera Tengah, sampai Staf Penerangan Sumatera Barat di era kemerdekaan.

Sedangkan profesi wartawan digelutinya di Harian Nasional Berita (1932), Harian Pewarta, Harian Nasional Persamaan (1942-Jepang menduduki Padang), Radio Padang Nippo, Harian Republikein (1945), Harian Haluan, Harian Penerangan, dan sampai tahun 1957 sebagai wartawan Antara di Padang.

Menurut Mulkan Raden Hidayat dkk. dalam buku Kemerdekaan RI di Minangkabau, Padang kota terakhir diserahkan Belanda pada pemerintahan Republik Indonesia Serikat (RIS).

Tepatnya 27 Desember 1949 di halaman Markas Tentara Belanda atau Kantor Balai Kota Padang sekarang. Hadir dalam penyerahan itu, dr. Rasidin, Mayor A. Thalib, Letnan Kolonel Dahlan Djambek, dan Mr. Abubakar Djaar (walikota padang I).

Penyerahan Kota Padang dari Residen Hoofd Tijdelijk Bestuur (HTB) van Straten ke Pd. Gubernur Militer Sumatera Tengah Mr. M. Nasrun yang dikuasakan oleh Anak Agung Gde Agung (Wakil Ketua Panitia Persiapan Nasional) di tanah lapang Plein van Rome atau Lapangan Imam Bonjol sekarang.

Serah terima itu, disaksikan ribuan pasang mata rakyat yang terharu ketika Sang Saka Merah Putih dikibarkan tanpa rasa ketakutan oleh tentara kita.

Halaman:

*Salah Seorang Cucu dr Rasidin

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024
Bagikan:
Hamriadi S.Sos ST

Putra Daerah di Pusaran Pilkada Bukittinggi

Opini - 16 Juli 2024

Oleh: Hamriadi S.Sos ST

Dosen FISIP Unand.

UKT Mahal, Tak Usah Kuliah

Opini - 20 Mei 2024

Oleh: Dr Emeraldy Chatra

Ramdalel Bagindo Ibrahim

Mengobati Luka Galodo dengan Hati dan Kelola Pikir

Opini - 17 Mei 2024

Oleh: Ramdalel Bagindo Ibrahim