Tahun Perebutan Kekuasaan Bung!

*Lindo Karsyah

Sabtu, 14 Maret 2015 | Opini
Tahun Perebutan Kekuasaan Bung!

Seiring dengan kian cerdasnya pemilih, mereka yang punya hak memilih ini akan memilih sosok yang hebat. Mereka akan memberi mandat kepada sosok yang memiliki kualitas karakter yang baik dan kuat. Pemimpin yang berpikir, bersikap, dan bertindak mengikuti nilai-nilai inti universal yang baik seperti seperti kejujuran, keterpercayaan, tanggung-jawab dan kepedulian.

Mengutip dari sebuah situs motivasi, Mother Teresa memiliki karakter yang kuat sebagai pemimpin yang peduli, empati, dan kasih pada orang lain. Martin Luther King dikenal memiliki karakter kuat sebagai pemimpin yang memiliki keteguhan dalam memegang prinsip. Tokoh kulit hitam ini juga memiliki keberanian luar biasa dalam menghadapi tantangan berat yang harus dihadapi.

Jack Welch adalah pemimpin berkarakter, karena memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan-keputusan berat dan pelik. Sementara Steve Jobs memiliki kepemimpinan yang unik, karena ide-idenya yang inovatif dan kemampuannya melihat tren masa depan.

Sebaliknya Richard Nixon gagal menjadi pemimpin yang baik, karena tidak memiliki kejujuran pada rakyatnya yang berakibat dia dilengserkan dari kursi kepresidenan. Para pemimpin lembaga-lembaga keuangan bergengsi seperti AIG, Lehman Brothers, juga Enron, Worldcom gagal mengemban tanggung-jawab kepemimpinan, karena tamak dan hanya mementingkan diri sendiri tanpa peduli kepentingan lingkungan di sekitarnya.

Untuk tahun pilkada serentak ini, ada baiknya diinap-menungkan ucapan salah seorang negarawan terkemuka Jepang pada abad ke-19, Saigo Takamori; pemimpin yang kuat tak bisa hanya bermodal kepintaran, jika itu yang menjadi dasar kepemimpinan, yang didapat hanyalah 'kekuasaan yang beralaskan uang'. Namun, jika yang dicari adalah pemimpin yang berwatak (noble character), yang akan didapat lebih dari sekadar uang, yakni martabat.

Yuuk...kita jadikan Pilkada serentak sebagai momen meningkatkan kualitas martabat kita semua! (*)

Halaman:
1 2

*Praktisi Pemilu

Bagikan:
Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar

Nadia Maharani.

Kejahatan Berbahasa di Dirty Vote

Opini - 13 Februari 2024

Oleh: Nadia Maharani

Zulfadhli Muchtar

Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM

Opini - 31 Januari 2024

Oleh: Zulfadhli Muchtar