Beasiswa IISMA Sepi Peminat di Universitas Andalas

*Inggrid Fauzi

Jumat, 16 Juni 2023 | Opini
Beasiswa IISMA Sepi Peminat di Universitas Andalas
Inggrid Fauzi.

Marsa, mahasiswi tahun ketiga Jurusan Sastra Inggris di Universitas Andalas, mengakui bahwa alasan kenapa ia tidak mendaftar program IISMA tahun ini adalah biaya yang tidak sedikit.

Dikutip dari hasil wawancaranya, Marsa menjawab, “alasannya terkendala biaya dan aku gak yakin bakal lulus diprogram IISMA ini.”

Selain biaya, kurangnya dukungan dari jurusan juga menjadi alasan kurangnya minat mahasiswa Sastra Inggris di Universitas Andalas.

Mereka tidak begitu banyak mendapat edukasi dan himbauan tentang program ini. Jadi, tentunya mahasiswa akan bingung kemana harus mendaftar, apa saja yang perlu dipersiapkan, dan apa saja yang perlu di pelajari.

Kurang disupportnya saya dan teman-teman saya oleh jurusan dan kampus,” ungkap Nadiyah, salah satu mahasiswa Sastra Inggris Universitas Andalas, seputar kendala selama masa pendaftaran IISMA.

Berdasarkan Kemendikbudristek, total 12.704 mahasiswa resmi terdaftar sebagai calon peserta, namun hanya 9.116 calon peserta yang berhasil menyelesaikan semua berkas persyaratan.

Di antara 9.116 pendaftar, kurang lebih hanya 9 mahasiswa Sastra Inggris di Universitas Andalas pada tahun 2023 ini yang mendaftarkan diri.

Angka ini bukanlah jumlah yang besar mengingat banyaknya jumlah mahasiswa Sastra Inggris Universitas Andalas dari berbagai angkatan.

Berdasarkan persyaratan dari pihak IISMA, hanya mahasiswa semester 4 dan semester 6 saja yang boleh mengikuti program ini.

Artinya, hanya angkatan 2020 dan 2021 yang bisa mendaftar. Jika digabungkan jumlah mahasiswa angkatan 2020 dan angkatan 2021, ada kurang lebih 190 mahasiswa Sastra Inggris UNAND.

Sayangnya, dari 190 mahasiswa, hanya 9 orang yang mendaftar pada program ini.

Halaman:

*Mahasiswi Jurusan Sastra Inggris FIB Unand

Bagikan:
Ramdalel Bagindo Ibrahim

Mengobati Luka Galodo dengan Hati dan Kelola Pikir

Opini - 17 Mei 2024

Oleh: Ramdalel Bagindo Ibrahim

Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed.

Tanggulangi Stunting dengan Edukasi Gizi dan PMT Pangan...

Opini - 03 Mei 2024

Oleh: Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed

Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Kesenjangan Pelayanan Kanker: Tantangan dan Harapan

Opini - 01 Mei 2024

Oleh: Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)