Cahaya dari Manggopoh, Menengok Aksi Literasi di Nagari Manggopoh

*Yosnofrizal STP Dt Maruhum

Jumat, 14 Oktober 2022 | Opini
Cahaya dari Manggopoh, Menengok Aksi Literasi di Nagari Manggopoh
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Pada tahun anggaran 2019, selain menambah buku, rak-rak buku diperbanyak. Dia pun menunjuk petugas pustaka dan melengkapi dengan peralatan lain seperti sebuah unit komputer agar pengarsipan buku dan katalog lebih terkomputerisasi.

Berbarengan dengan itu, perhatian pemerintah terhadap pustaka desa meningkat. Dan perpustakaan Nagari Manggopoh ditetapkan sebagai pilot project perspustakaan berbasis inklusi, dimana seluruh masyarakat terlibat dalam kegiatan pustaka.

Dalam program itu, Perspustakaan Nasional melatih petugas dalam pengelolaan pustaka dan melengkapi dengan berbagai fasilitas yang dibutuhkan.

Adanya program Perpustakaan Nasional dan komitmen Nagari membuat kegiatan perpustakaan desa Nagari Manggopoh begitu menggeliat. Setiap hari ada saja yang berkunjung ke pustaka, baik dari anak anak sekolah maupun masyarakat umum. Kegiatan pelatihan nagari pun melibatkan perpustakaan sebagai wujud program perpustakaan berbasis inklusi.

Itu pula yang membuat Wali Nagari ingin membangun gedung perpustakaan yang permanen. Hal itu didukung adanya halaman kantor Nagari yang cukup luas sehingga dapat dibangun gedung pustaka.

Maka, melalui Musyawarah Nagari penyusunan Rencana Kegiatan Pemerintah (RKP) Tahun 2021, pembangunan gedung pustaka menjadi prioritas. "Total anggaran yang disediakan untuk pembangunan gedung pustaka sebesar 160 juta rupiah," ucap Ridwan.

Pada tahun 2021, Pembangunan Gedung Perpustakaan dilangsungkan. Dengan dana sebesar 160 juta rupiah , bangunan lantai satu dapat diselesaikan dan bisa dipergunakan. "Memang baru lantai satu, tapi ruang yang tersedia sudah bisa digunakan. Kita akan terus anggarkan untuk penyelesaian Gedung Pustaka ini. Lantai dua akan dimanfaatkan untuk ruangan membaca dan diskusi," tambah Wali Nagari.

Kini perpustakaan Nagari telah menjadi center of excelentnya Nagari Manggopoh. Beragam aktivitas literasi juga terselenggara. Selain aktivitas membaca, ada kegiatan pelatihan, lomba kali grafi, lomba mewarnai yang rutin dihadiri anak anak PAUD se-Nagari Manggopoh dan beragam aktivitas lainnya. Perpustakaan Nagari Manggopoh bahkan berkerjasama dengan Bawaslu Kabupaten Agam menggelar sosialisasi peran masyarakat dalam mengawasi pemilu.

Tak heran dengan ragam aktivitas tersebut Perpustakaan Nagari Manggopoh mendapat penghargaan dari Perpustakaan Nasional sebagai Perpustakaan Desa terbaik di Indonesia tahun 2021. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando ketika meresmikan Perpustakaan Daerah Kabupaten Agam, Maret 2022 lalu.

Dukungan Masyarakat Nagari

Yang menarik dari ragam kegiatan literasi yang dikelola perpustakaan Nagari selalu melibatkan beragam pihak. Yang pertama tentu masyarakat nagari. Keterlibatannya bermacam pula. Ada berbentuk sumbangan buku dari tokoh-tokoh yang peduli. Ada pula keterlibatan langsung dalam membantu pengelolaan perpustakaan.

Halaman:

*Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat/Koordinator TPP P3MD Kabupaten Agam

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024
Erison A.W.

Dr Rasidin Diangkat jadi Wali Kota

Opini - 16 Agustus 2024

Oleh: Erison A.W.

Hamriadi S.Sos ST

Putra Daerah di Pusaran Pilkada Bukittinggi

Opini - 16 Juli 2024

Oleh: Hamriadi S.Sos ST

Dosen FISIP Unand.

UKT Mahal, Tak Usah Kuliah

Opini - 20 Mei 2024

Oleh: Dr Emeraldy Chatra