Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Bencana Marapi, Mahyeldi: Kesempatan Raih Dukungan untuk Pemulihan Bencana

Kamis, 23 Mei 2024, 16:15 WIB | Provinsi Sumatera Barat
Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Bencana Marapi, Mahyeldi: Kesempatan Raih Dukungan untuk...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyambut kedatangan Presiden Jokowi beserta Iriana Joko Widodo bersama Forkompimda Sumbar, di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Selasa. (humas)

PADANG PARIAMAN (21/5/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi menyebut, kedatangan Presiden ke Sumbar kali ini, jadi angin segar untuk percepatan dalam penanganan bencana di Sumbar.

Mahyeldi mengaku, telah menyiapkan sejumlah informasi yang akan dilaporkannya kepada Presiden terkait bencana di Sumbar.

Baca juga: GOR H Agus Salim Resmi jadi Home Base SPFC di Liga I Indonesia, Gubernur Serahkan SK Pinjam Pakai

"Ini kesempatan kita mendapatkan dukungan penuh dari pusat terkait berbagai hal, terutama untuk pemulihan pasca bencana," ucap Mahyeldi

Hal itu dikatakan Mahyeldi saat menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) beserta Nyonya Iriana Joko Widodo bersama Forkompimda Sumbar, di VIP Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Selasa.

Baca juga: Gubernur Sumbar Inginkan Rumah Siti Nurbaya di Studio Alam TVRI Direvitalisasi, Ini Alasannya

Presiden datang menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, setelah berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 06.30 WIB.

Dikatakan Mahyeldi, setiba di Ranah Minang, Presiden Jokowi akan langsung menuju beberapa lokasi terdampak bencana banjir bandang di Kabupaten Agam, melewati jalur darat menggunakan mobil kepresidenan.

Baca juga: Musfi Yendra Terbitkan Buku Kelima, Nurani Filantropis, Akan Diluncurkan Gubernur Sumbar

"Presiden akan langsung menuju daerah terdampak banjir lahar dingin di Kabupaten Agam untuk peninjauan," urai Mahyeldi.

Lokasi pertama yang jadi daerah tujuan rombongan kepresidenan adalah Lapangan Batu Taba, Kabupaten Agam untuk meninjau posko tanggap darurat di Bukik Batabuah.

Baca juga: Gubernur Sumbar Kukuhkan Pengurus HUDA, Ini Harapan Mahyeldi

Di lokasi ini, Presiden Jokowi menyerahkan santunan duka dan bantuan bagi keluarga korban terdampak bencana.

Sedangkan untuk peninjauan ke lokasi bencana di Kabupaten Tanah Datar, Presiden akan diwakili oleh Menko PMK, Muhadjir Effendy.

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar di Pelantikan Rektor Baru Universitas Metamedia

Dikesempatan itu, Menko PMK dijadwalkan akan melihat langsung kondisi masyarakat di pengungsian.

Turut mendampingi Presiden Jokowi menuju Sumatera Barat, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Sekretaris Militer Presiden, Mayjen TNI Rudy Saladin.

Kemudian, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin serta Plt Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, M Yusuf Permana.

Berdasarkan data BPBD Sumbar, bencana alam yang terjadi pada 11 Mei lalu telah berdampak besar terhadap 3 daerah di Sumbar. Yakni Kabupaten Tanah Datar, Agam dan Padang Panjang.

"Tercatat hingga saat ini, 61 orang korban meninggal dunia dan 11 orang masih dinyatakan hilang," ungkapnya.

Perkiraan sementara, total kerugian akibat bencana mencapai Rp108 miliar lebih. Di antaranya 700 an rumah rusak ringan hingga berat. Putusnya jalan, jembatan, kerusakan irigasi, lahan pertanian yang tertimbun, hingga ternak yang mati.

Selain Mahyeldi, tampak hadir menyambut kedatangan Presiden RI, Ketua TP PKK Sumbar, Harneli, Pangdam I/Bukit Barisan, Kapolda Sumbar, Danlanud Sultan Sjahrir, Danrem 032 Wirabraja dan Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar serta beberapa unsur lainnya. (adv)

Editor: Mangindo Kayo

Bagikan: