50 Anak Penyu Dilepas di Pantai Tiku

Rabu, 13 Juli 2016, 20:52 WIB | Wisata | Kab. Agam
50 Anak Penyu Dilepas di Pantai Tiku
Jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Agam melepas 50 anak penyu di perairan Pantai Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara, Rabu (13/7/2016) (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews---Sebanyak 50 ekor tukik atau anak penyu dilepaskan di perairan Pantai Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara dengan melibatkan jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Agam bersama warga dan perantau di wilayah itu.

"Penyu-penyu ini merupakan hasil dari penetasan telur penyu di penangkaran di Gasan Ketek Nagari Tiku Selatan," kata Kepala DKP Agam Ermanto di Lubuk Basung, Rabu (13/7/2016)

Ia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan keberadaan penyu yang di lindungan tersebut. "Lokasi pantai Tiku juga merupakan lokasi bertelur penyu yang merupakan satwa dilindungai," katanya.

Sebelumnya pihak DKP Agam juga melepas tukik sebanyak 150 ekor di pantai Gasan pada Minggu (10/7/2016) serta telah melepaskan tukik ke habitatnya sebanyak 450 ekor semenjak Januari sampai 12 Juli 2016.

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

"Saat ini masih ada sekitar 400 butir telur penyu dan kemungkinan dalam waktu dekat akan menetas, jika menetas juga akan dilepas kelaut nantinya," katanya.

Penetasan telur penyu ini dilakukan secara alami dengan cara menyimpan telur tersebut di dalam pasir kedalaman sekitar 50 centimeter.

Ia mengatakan pemantauan penyu bertelur dan penangkaran yang lebih pada pengamanan telur-telur hingga penetasan dan pelepasliaran ke habitatnya untuk melestarikan hewan laut tersebut.

"Pada tahun ini kita menargetkan untuk menetaskan tukik sekitar 10.000 butir. Dana untuk pengadaan telur penyu ini berasal dari APBD 2016," tegasnya.

Baca juga: Bapenda Agam Pasang Tapping Box di Lokasi Wajib Pajak

Penetasan telur penyu ini, menurut Ermanto, bertujuan untuk melestarikan binatang laut yang memiliki usia cukup lama, karena penyu tersebut mulai punah di perairan Tiku.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: