DI PESSEL, ODGJ Ikut Rekam KTP Elektronik

Sabtu, 24 Agustus 2024, 13:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
DI PESSEL, ODGJ Ikut Rekam KTP Elektronik
Dinas Dukcapil Pessel melaksanakan jemput bola perekaman biometrik, untuk KTP - el, bagi warga lanjut usia, dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). FOTO: Dok Diskominfo Pessel
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PESISIR SELATAN (24/8/2024) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Duk Capil) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, melaksanakan jemput bola perekaman biometrik, untuk KTP - el, bagi warga lanjut usia, dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

"Upaya ini, dilaksanakan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Khususnya, pelayanan perekaman biometrik KTP-el, dan mendukung program nasional Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA)," ucap Kadis Dukcapil Pessel, Beriskhan.

Langkah yang dilakukan, terangnya, mendatangi langsung rumah - rumah masyarakat (lansia) yang memiliki keterbatasan tersebut, termasuk ODGJ.

Dimana, pihak Dukcapil bersama bersama UKL Kecamatan, mengikutsertakan pihak Nagari (desa adat), dan Kepala Kampung.

Baca juga: Tim Provinsi Nilai Pengagas Rumah Idaman untuk ODGJ di Suliki

"Ini untuk mempermudah, dan membantu masyarakat berkebutuhan khusus tadi, dalam mengurus dokumen identitas pribadi, dalam bentuk KTP Elektronik," ujar Beriskhan.

Perekaman KTP-el, juga telah diundangkan oleh UU Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan (Adminduk). Khususnya pasal 63 ayat (1) mengenai kepemilikan KTP-el, bagi semua penduduk yang telah wajib memilikinya, ucapnya lagi. (*)

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: