Bangun Ekonomi Umat dengan Sedekah

*Dr Emeraldy Chatra Dt Rajo Malano

Jumat, 17 Mei 2019 | Opini
Bangun Ekonomi Umat dengan Sedekah
Dr Emeraldy Chatra Dt Rajo Malano - Pendiri dan Ketua Komunitas Merawahijau

Bayangkan, kalau kita punya proyek perumahan tanpa riba yang membutuhkan dana Rp 10 Miliar, kita dapat meminjam dari cabang-cabang Merawahijau yang 500 tadi masing-masing Rp 20 juta. Dengan uang itu kita dapat membangun dan menjual rumah dengan harga murah karena tidak menghitung bunga bank.

Tentu akan lebih mencengangkan lagi kalau tiap cabang Merawahijau dapat memberi pinjaman masing-masing Rp100 juta. Kita dapat mengelola proyek yang nilainya Rp50 Miliar. Demikianlah seterusnya.

Penutup

Konsep ekonomi yang diusung oleh Merawahijau merupakan aplikasi dari tuntunan Allah dalam Quran yang dirimu dengan kearifan budaya Minangkabau. Boleh juga disebut sebagai konsep ekonomi ABS-SBK.

Konsep ini berpijak pada keyakinan bahwa membangun ekonomi tidak dapat dilepaskan dari tuntunan Allah. Di antaranya jauhi riba dan jangan menumpuk kekayaan. Kemudian jalin silaturahmi, jangan berpecah belah, dan saling menasehati untuk kebaikan. Insyaa Allah apa yang diperoleh dari sistem seperti ini akan mendapat berkah dari Allah ta'ala.

Padang, Januari 2019. (*)

Halaman:
1 2 3

*Pendiri dan Ketua Komunitas Merawahijau

Bagikan:
Erison A.W.

Dr Rasidin Diangkat jadi Wali Kota

Opini - 16 Agustus 2024

Oleh: Erison A.W.

Hamriadi S.Sos ST

Putra Daerah di Pusaran Pilkada Bukittinggi

Opini - 16 Juli 2024

Oleh: Hamriadi S.Sos ST

Dosen FISIP Unand.

UKT Mahal, Tak Usah Kuliah

Opini - 20 Mei 2024

Oleh: Dr Emeraldy Chatra