Zakat dan Ekonomi Keummatan

*Riko Onki Putra

Jumat, 20 November 2015 | Opini
Zakat dan Ekonomi Keummatan
Riko Onki Putra - Manager Program Dompet Dhuafa Singgalang

Agar tujuan zakat yang menggerakkan ekonomi masyarakat tercapai, model pemberian dana tunai untuk bantuan bagi mustahik haruslah diminimalisir dan untuk tujuan darurat. Untuk itulah, diperlukan model program yang berbentuk program pemberdayaan ekonomi yang terkontrol dengan baik.

Dengan memberi modal, memberi pelatihan, serta pendampingan dalam usaha yang dijalankan oleh mustahik. Model pemodalan dan pendampingan usaha inilah yang diharapkan bisa menguatkan mustahik untuk serius berdaya dengan kemampuannya dalam meningkatkan perekonomiannya.

Bila perputaran ekonomi kaum dhuafa yang didominasi masyatakat kelas bawah dapat bergerak melalui pemberdayaan zakat, maka pasar akan menggeliat, roda perputaran ekonomi akan semakin baik. Jelas, sederhananya hal ini akan berdampak baik pada penghasilan para pedagang besar yang noatbenenya merupakan Muzakki.

Dengan Semangat pengelolaan zakat yang tepat penyalurannya, konkrit programnya, dan jelas laporannya sebagai mana yang dilakukan Dompet Dhuafa Singgalang, maka sangat mungkin Zakat menjadi solusi terbaik guna mengentaskan kemiskinan yang ada di masyarakat. Dengan zakat, mari berdaya bersama. (*)

Halaman:
1 2

*Manager Program Dompet Dhuafa Singgalang

Bagikan:
Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar

Nadia Maharani.

Kejahatan Berbahasa di Dirty Vote

Opini - 13 Februari 2024

Oleh: Nadia Maharani

Zulfadhli Muchtar

Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM

Opini - 31 Januari 2024

Oleh: Zulfadhli Muchtar