Tanpa Perencanaan Matang, Tujuan Humas Bagai Mimpi di Siang Bolong

*Yandra Mulyadi

Sabtu, 18 Mei 2024 | Opini
Tanpa Perencanaan Matang, Tujuan Humas Bagai Mimpi di Siang Bolong
Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Andalas Padang.

Dengan memahami siapa yang harus menerima pesan organisasi adalah langkah awal yang penting dalam memastikan efektivitas berkomunikasi.

Cutlip-Center-Broom dalam Mulyon (2023) menjelaskan strategi perencanaan Humas meliputi kegiatan membuat keputusan mengenai sasaran dan tujuan dari program-program yang sudah dibuat, melakukan identifikasi sasaran khalayak (key public), menetapkan kebijakan atau aturan untuk menentukan strategi yang akan dipilih dan memutuskan strategi yang akan digunakan. 

Terakhir, Perlu adanya evaluasi dari setiap kegiatan yang sudah direncanakan. Dengan adanya evaluasi memungkinkan Humas untuk dapat mengukur efektivitas program dan kegiatan yang telah dilaksanakan, sehingga dapat dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa depan.

Dapat disimpulkan bahwa dalam penentuan keberhasilan seorang Humas tentu ada perencanaan yang matang dan bijak dalam memilih saluran komunikasi agar tujuan dari organisasi dapat tercapai secara optimal.

Di samping itu, evaluasi dari setiap kegiatan yang telah dilaksanakan, apakah sudah sesuai dengan perencanaan dan lakukan perbaikan serta penyempurnaan di maka akan datang.

Hal ini sangat penting dalam membangun dan memelihara reputasi serta relasi yang positif antara organisasi dengan publiknya. (*)

Halaman:
1 2 3

*Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Andalas Padang

Bagikan:
Erison A.W.

Dr Rasidin Diangkat jadi Wali Kota

Opini - 16 Agustus 2024

Oleh: Erison A.W.

Hamriadi S.Sos ST

Putra Daerah di Pusaran Pilkada Bukittinggi

Opini - 16 Juli 2024

Oleh: Hamriadi S.Sos ST

Dosen FISIP Unand.

UKT Mahal, Tak Usah Kuliah

Opini - 20 Mei 2024

Oleh: Dr Emeraldy Chatra

Ramdalel Bagindo Ibrahim

Mengobati Luka Galodo dengan Hati dan Kelola Pikir

Opini - 17 Mei 2024

Oleh: Ramdalel Bagindo Ibrahim