Pentingnya Legalitas Berusaha bagi Pelaku UMKM

*Lisa Rahayu STP MP

Jumat, 08 Desember 2023 | Opini
Pentingnya Legalitas Berusaha bagi Pelaku UMKM
Lisa Rahayu STP MP.

NOMOR Induk Berusaha atau yang biasa disebut dengan NIB merupakan salah satu izin legalitas usaha bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (MKM).

NIB diibaratkan sebagai identitas pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Sehingga, usaha yang dijalankan tersebut, sudah terdaftar secara administratif.

Hal ini nantinya akan mempermudah pelaku usaha untuk mendapatkan informasi-informasi terkait UMKM dari pemerintahan tempat usaha tersebut dijalankan.

Bentuk dukungan pemerintah terkait pengurusan NIB bagi pelaku UMKM, saat ini sudah bisa dilakukan pembuatan NIB secara mandiri yaitu dengan mendaftarkan/mengakses secara online pada laman www.oss.go.id.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 5 Tahun 2021, pasal 176 tentang NIB menyatakan ‘bahwa NIB ini merupakan identitas pelaku usaha sebagai bukti registrasi/pendaftaran pelaku usaha untuk melakukan kegiatan usaha.’

Selain berfungsi sebagai bukti registrasi, NIB juga memiliki manfaat lainnya yaitu dapat mempermudah pelaku usaha dalam mendapatkan akses pemodalan dari perbankan.

Kemudian, mendapatkan kesempatan pendampingan usaha dari pemerintah, memiliki kesempatan yang besar dalam mengikuti kegiatan pemberdayaan baik dari pemerintah maupun swasta.

Untuk pembuatan NIB ini, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja sampai file NIB-nya terbit.

Data-data yang diperlukan dalam pembuatan NIB secara daring yaitu: KTP, NPWP (jika ada), email pelaku usaha/Nomor whatsapp pelaku usaha yang aktif serta beberapa informasi mengenai aktivitas usaha yang dilakukan.

Adapun kepemilikan izin usaha bagi UMKM akan berpengaruh terhadap besar kecilnya omset pada sektor perdagangan serta pengolahan, hal

Ini dikarenakan UMKM nantinya akan memiliki akses pasar yang lebih besar jika UMKM tersebut sudah memiliki izin usaha (Alfarisy, 2021).

Halaman:

*Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Unand

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH
Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar

Nadia Maharani.

Kejahatan Berbahasa di Dirty Vote

Opini - 13 Februari 2024

Oleh: Nadia Maharani

Zulfadhli Muchtar

Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM

Opini - 31 Januari 2024

Oleh: Zulfadhli Muchtar

Dr Emeraldy Chatra.

Mental Miskin dan Demokrasi

Opini - 29 Januari 2024

Oleh: Dr Emeraldy Chatra

Dr Emeraldy Chatra.

Remaja Seks Bebas di Tengah Kebutaan Masyarakat

Opini - 23 Januari 2024

Oleh: Dr Emeraldy Chatra